PUNCAKI GRUP E, JEPANG LOLOS KE 16 BESAR

Olahraga1265 Views

Doha – Akhirnya Jepang menutup laga kualifikasi Grup E dengan manis.

Mengutip Bisnis, Jum’at (2/11/22), Tim Samurai Biru itu mengandaskan perlawanan Tim Matador Spanyol dengan skor 2-1.

Alhasil Jepang dan Spanyol lolos ke fase gugur sebagai wakil Grup E.

Spanyol berjumpa Jepang pada laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Jum’at (2/12/22).

Setelah tertinggal 0-1 di babak pertama akibat gol Alvaro Morata, Jepang tampil sangat berbeda pada babak kedua.

Babak kedua baru berjalan empat menit, Jepang langsung sukses menyamakan kedudukan.

Pemain pengganti, Ritsu Doan, melepaskan tembakan yang sempat ditepis Unai Simon, namun bola bergulir masuk ke gawang. Skor sama kuat, 1-1.

Jepang justru berbalik unggul pada menit ke-51. Kemelut di depan gawang Spanyol diselesaikan dengan baik oleh Ao Tanaka. Setelah wasit berdiskusi dengan petugas VAR, gol yang sempat dinilai goal kick itu akhirnya disahkan. Jepang gantian unggul, 2-1.

Dua gol cepat di awal babak kedua itu membuat Spanyol goyah. Permainan Sergio Busquets dan kawan-kawan tak setenang pada babak pertama.

Serangan balik Jepang yang dimotori pemain-pemain pengganti justru tampak lebih membahayakan.

Luis Enrique memasukkan pemain-pemain pengganti untuk menambah daya gedor. Ferran Torres, Ansu Fati, dan Marco Asensio masuk menggantikan Alvaro Morata, Nico Williams, dan Jordi Alba.

Spanyol pun kian menggencarkan serangan dengan tenaga-tenaga baru itu. Namun hingga pertengahan babak kedua, mereka belum bisa menyamakan kedudukan.

Memasuki 10 menit terakhir pertandingan, Spanyol masih kesulitan menembus kotak penalti Jepang yang dijejali banyak pemain.

Nyaris tak ada peluang berbahaya yang dibukukan Spanyol kendati memegang penuh penguasaan bola.

Marco Asensio dan Dani Olmo mendapat peluang satu menit jelang waktu normal berakhir. Namun Shuichi Gonda yang tampil gemilang di bawah mistar gawang Jepang mampu menyelamatkan bola.

Hingga wasit meniup peluit panjang, Jepang mampu mempertahankan keunggulan dari gempuran Spanyol. Hasil ini membuat Samurai Biru lolos ke 16 besar sebagai juara Grup E, Spanyol yang kalah pada laga ini tetap lolos namun sebagai runner-up.

Ini juga kali kedua Jepang comeback setelah tertinggal 0-1 pada babak pertama. Sebelumnya, Jepang melakukan hal serupa kepada Jerman.

Susunan Pemain Jepang vs Spanyol
Jepang (3-4-3): Shuichi Gonda; Shogo Taniguchi, Kou Itakura, Maya Yoshida; Yuto Nagatomo (Kaoru Mitoma, 46′), Hidemasa Morita, Junya Ito, Ao Tanaka (Wataru Endo, 87′); Takefusa Kubo (Ritsu Doan, 46′), Daichi Kamada (Takehiro Tomiyasu, 69′), Daizen Maeda (Takuma Asano, 62′).

Pelatih: Hajime Moriyasu

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta (Dani Carvajal, 46′), Pau Torres, Rodri, Alejandro Balde (Jordi Alba, 68′); Sergio Busquets, Gavi (Ansu Fati, 68′), Pedri; Dani Olmo, Nico Williams (Ferran Torres, 57′), Alvaro Morata (Marco Asensio, 57′).

Pelatih: Luis Enrique

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *