RUSIA KLAIM TELAH HANCURKAN 200 PESAWAT DAN HELIKOPTER UKRAINA

Internasional1972 Views

Moskow – Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengatakan pihaknya berhasil meledakan gudang amunisi besar di wilayah Jitomir Ukraina dengan menggunakan rudal Kalibr.

Selain itu kata dia, operasi yang dilakukan Rusia di Ukraina juga berhasil menembak jatuh sebuah helikopter Mi-8 di dekat Mariupol.

” Di wilayah Mariupol, lima kilometer dari garis pantai di Laut Azov, sebuah helikopter Mi-8 Ukraina ditembak jatuh, yang datang untuk mengevakuasi komandan Batalyon Azov yang ultranasionalis, yang telah meninggalkan bawahannya,” ujar Konashenkov seperti dikutip Sputniknews, Senin (28/3/22).

Lebih jauh dia mengatakan pesawat Rusia kembali telah menghancurkan 41 lebih fasilitas militer Ukraina.

“Pada hari terakhir, 41 lebih fasilitas militer Ukraina dihantam oleh pesawat taktis,” kata Konashenkov lagi.

Masih kata dia, sehari terakhir pihaknya juga menembak jatuh 3 pesawat tempur Ukraina.

“Selama 28 Maret, pesawat Rusia dan sistem pertahanan udara menembak jatuh tiga lagi pesawat Angkatan Udara Ukraina di udara, dua Su-24 di barat pemukiman Korosten di wilayah Jitomir dan satu Su-25 di atas pemukiman Drujkovka di wilayah Donetsk,” sebutnya.

Menurut data yang dimilikinya, hingga saat ini Angkatan Bersenjata Rusia telah berhasil menghancurkan sekira 200 pesawat dan helikopter.

“Sejak awal operasi militer khusus, total 123 pesawat dan 74 helikopter, 309 kendaraan udara tak berawak (UAV), 1.721 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 172 peluncur roket multi laras, 721 senjata lapangan dan mortir milik Angkatan Bersenjata Ukraina,” jelasnya.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *