RUSIA HANCURKAN LIMA TANK BMP-1 BANTUAN YUNANI UNTUK UKRAINA

Internasional1000 Views
Kyiv – Lima unit kendaraan tempur lapis baja BMP-1 yang dikirim oleh Yunani ke Ukraina dikabarkan berhasil dihancurkan oleh tentara Rusia di Donbass setelah pengiriman.
Melansir Sputniknews, Sabtu (5/11/22), sesuai laporan bahwa insiden itu terjadi pada 28 Oktober, ketika pasukan Rusia memukul mundur serangan Ukraina di dekat desa Berestovoye di wilayah Kharkov.
Selain itu dilaporkan sebanyak 150 tentara Ukraina tewas atau terluka, 1 tank dan 4 unit truk pick up yang diubah menjadi pengangkut personel lapis baja dan kendaraan tempur dihancurkan.
Disebutkan bahwa BMP terkena artileri dan roket Krasnopol 152 milimeter.
Dalam berita tersebut, tercatat bahwa BMP Yunani, yang merupakan bala bantuan serius untuk Angkatan Bersenjata Ukraina, segera dibawa ke medan tempur karena dalam kondisi sangat baik.
Ditekankan bahwa Yunani juga mengirimkan sistem roket peluncuran ganda RM-70 ke Ukraina.
Namun dua dari senjata ini beroperasi di wilayah Kherson juga dihancurkan oleh pasukan Rusia.
Salah satu BMP bahkan masih memiliki simbol Yunani, karena saat pengirimannya ke medan perang seperti tergesa-gesa sehingga tidak ada waktu untuk menghapus atau mengecat simbol itu.
Seorang pensiunan brigadir jenderal yang bertanggung jawab atas BMP di salah satu pulau di Aegean timur mengatakan bahwa tentara mengalami kesulitan dalam mengamankan suku cadang, tetapi ketika diputuskan bahwa BMP akan dikirim ke Ukraina suku cadang tersebut segera tersedia.
(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *