PANGERAN CHARLES AKAN DINOBATKAN SEBAGAI RAJA BARU INGGRIS HARI INI

Internasional879 Views

London – Pangeran Charles, Putra tertua mendiang Ratu Elizabeth II secara resmi akan dinobatkan sebagai Raja baru Inggris pada Sabtu (10/9/22) sekira pukul 11.00 waktu setempat.

Melansir BBC, Prosesi penobatan Raja baru Inggris tersebut akan dilakukan di Istana St. James.

Penobatan Charles menjadi Raja baru Inggris ini akan dilakukan di hadapan badan upacara yang disebut sebagai Dewan Aksesi.

Dewan Aksesi terdiri dari anggota Dewan Penasihat, sejumlah pegawai negeri senior, komisaris tinggi persemakmuran, serta Wali Kota London.

Garter King of Arms yang didampingi oleh Earl Marshal, Ofiicers of Arms dan beberapa Serjeants at Arms lainnya akan membacakan penobatan tersebut.

Selain itu, berita kematian Ratu Elizabeth II juga akan kembali diumumkan oleh Ketua Dewan Perwakilan dan Pemimpin Dewan Penny Mordaunt dalam pertemuan tersebut.

Selanjutnya, satu jam usai prosesi pertama digelar, prosesi penobatan kedua akan dilakukan di Royal Exchange, London.

Semetara itu The Guardian melaporkan sebagai pengakuan atas kedaulatan baru itu, pengibaran bendera satu tiang penuh dilakukan sesaat setelah proklamasi pertama dilakukan.

Bendera akan kembali diturunkan menjadi setengah tiang, satu jam setelah proklamasi di negara-negara lain dselenggarakan.

Sebagaama diketahui bahwa Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia pada Kamis (8/9/22) waktu setempat.

Menurut protokol kerajaan, pemakaman Ratu Elizabet II baru akan dilaksanakan pada 10 hingga 12 hari ke depan, sesaat setelah hari berkabung selesai.

Jenazah Ratu akan dimakamkan di Kapel St George, Kastil Windsor, tepat di samping pusara suaminya, Pangeran Philip.

Adapun Jenazah Ratu Elizabeth II akan terlebih dahulu disemayamkan di Istana Westminster selama tiga hari.

Pada momen tersebut, publik diperbolehkan untuk mengunjungi peti mati Ratu dan memberikan penghormatan terakhir baginya.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *