KANADA SITA PESAWAT KARGO RUSIA

Internasional2378 Views

Ottawa – Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar Rusia di Ottawa, Vladimir Proskuryakov mengatakan bahwa pesawat kargo An-124 yang disita oleh Kanada tidak akan dilepaskan sampai Rusia mengakhiri operasi militer khusus di Ukraina.

Melansir Sputniknews, Sabtu (4/6/22), pesawat kargo Rusia An-124, disita oleh Kanada, membawa alat uji Covid-19 dari China berdasarkan kontrak dengan pemerintah Ottawa.

Menurut Vladimir Proskuryakov, Jet itu tiba di Kanada pada 27 Februari dan akan lepas landas keesokan harinya.

Kanada, yang menutup wilayah udaranya untuk pesawat Rusia pada 27 Februari, menolak permintaan izin lepas landas.

Rusia mengirim catatan diplomatik yang merinci seluruh situasi pada 1 Maret dan menuntut agar Kanada melepaskan pesawat kargo.

Diplomat Rusia tersebut mengatakan bahwa pemerintah Ottawa tidak menanggapi catatan ini secara tertulis, melainkan mengirim email yang menyatakan bahwa mereka tidak akan mempertimbangkan masalah tersebut sampai Rusia mengakhiri operasi militernya di Ukraina.

“Kami mencoba menyelesaikan situasi untuk mengizinkan [pesawat] keluar melalui Departemen Luar Negeri Kanada ,” kata Proskuryakov.

Namun, Urusan Global Kanada menolak permintaan kami, mengutip sikap Departemen Perhubungan dan pemerintah federal.

“Pada prinsipnya, masalah ini tidak dapat didiskusikan dan pesawat akan tinggal di sini setidaknya sampai akhir operasi militer khusus Rusia di Ukraina. Mereka mengambil sikap keras, sama sekali tidak termasuk rute diplomatik,” jelas Proskuryakov.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment