SERANGAN UDARA TENTARA AMERIKA TEWASKAN LIMA TERORIS JARINGAN AL-SHABAAB

Internasional422 Views

Mogadishu – Pasukan Amerika Serikat (AS) melakukan serangan udara pertama terhadap kelompok teroris al-Shabaab yang berafiliasi dengan al-Qaeda di Somalia sejak Presiden AS Joe Biden mengizinkan pengiriman pasukan AS ke Somalia.

Melansir Anadolu Agency, Sabtu (4/6)22), serangan udara tersebut menewaskan lima teroris al-Shabaab pada Jum’at kemarin.

Sebuah pernyataan dari Kementerian Informasi Somalia mengatakan serangan udara itu dilakukan dalam koordinasi dengan pemerintah federal Somalia.

“Pasukan AS melakukan serangan udara terhadap teroris al-Shabaab setelah mereka menyerang pasukan mitra di lokasi terpencil dekat Beer Xaani, Somalia,” pada Jumat, kata pernyataan itu.

“Lima teroris al-Shabaab tewas dalam aksi dan tidak ada warga sipil yang terluka atau terbunuh, mengingat lokasi pertempuran yang terpencil,” tambah dia.

Kementerian Somalia mengatakan pemerintah dan AS tetap berkomitmen memerangi al-Shabaab untuk mencegah kematian warga sipil tak berdosa.

Dikatakan bahwa organisasi ekstremis yang kejam seperti al-Shabaab menghadirkan ancaman jangka panjang ke Somalia.”

Serangan udara itu terjadi beberapa jam setelah militer Somalia mengumumkan bahwa mereka telah membunuh sedikitnya 10 teroris al-Shabaab dalam sebuah operasi di luar kota pelabuhan Kismayo, ibu kota administratif negara bagian Jubaland Selatan.

Presiden Somalia yang baru terpilih Hassan Sheikh Mohamud bulan lalu menyambut baik keputusan AS untuk mengirim kembali pasukan ke negara Tanduk Afrika itu.

Mantan Presiden AS Donald Trump menarik sekitar 700 tentara Amerika keluar dari negara Afrika timur itu selama bulan terakhir masa kepresidenannya.

Pada 16 Mei, Presiden AS Biden mengesahkan kembali pengerahan pasukan ke Somalia.

Somalia berada dalam keadaan tidak aman sejak munculnya al-Shabaab, kelompok teroris yang berafiliasi dengan al-Qaeda, yang telah berperang melawan pemerintah dan pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika di negara itu.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *