PANGKOARMADA III SAMBANGI LANAL ARU

Hankam470 Views

Kepulauan Aru – Usai mengunjungi Pulau Fani dan Pulau Selaru, Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah melanjutkan lawatannya ke Kepulauan Aru, Sabtu (28/5/22).

Di pulau terluar yang secara geografi berbatasan laut dengan Australia dan Papua Nugini (PNG) itu, Pangkoarmada III disambut dengan acara penyambutan Adat dan pengalungan Syal oleh Bupati Kepulauan Aru dr. Johan Gonga di Bandara Udara Rar Gwamar Dobo.

Hadir pula dalam penjemputan Pangkoarmada III beserta rombongan, diantaranya Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, Forkopimda, Ketua LMA (Lembaga Masyarakat Adat) Kabupaten Kepulauan Aru.

Dalam kunjungannya ke Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Aru memberikan arahan kepada seluruh Prajurit, Jalasenastri Lanal Aru dan meninjau Dermaga Kayu, Lapangan Tembak Jar Kabaresi, Ketahanan Pangan serta menabur benih Ikan di Taman Ujir Lanal Aru.

Kepada seluruh Prajurit dan Jalasenastri Lanal Aru, Pangkoarmada III menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kunjungannya adalah untuk menggali informasi dan permasalahan di jajaran Koarmada III.

“Pada kesempatan ini adalah kami meninjau secara langsung perkembangan situasi di Lanal Aru, beserta permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi pada saat ini,” ujar Pangkoarmada III.

Pada kesempatan itu Laksda Irvansyah juga memerintahkan Lanal Aru untuk terus melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi maritim, baik kepada masyarakat pesisir maupun kepada para pelajar.

“Ini sebagai bentuk dukungan Koarmada III terhadap program vaksinasi nasional, untuk mewujudkan Herd Immunity atau kekebalan kelompok,” ujarnya lagi.

Kata dia, hal tersebut sejalan dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) untuk melaksanakan pendekatan kultular kepada masyarakat dalam setiap kegiatan terkait pencegahan Covid-19.

Laksamana Bintang Dua itu mengingatkan seluruh Prajurit beserta keluarga harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dan menyesuaikan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah

Selain itu Pangkoarmada III, menegaskan agar selalu menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dan harmonis dengan masyarakat, Pemerintah Daerah, Instansi Militer, Kepolisian, para Stakeholder Penegak Hukum dilaut, para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan selalu menghormati budaya serta kearifan lokal yang humanis, singkirkan ego sektoral, bina pola kemitraan dan koordinasi yang sinergis agar tercipta keamanan dan suasana yang kondusif di wilayah kerja Koarmada III khususnya wilayah kerja Lanal Aru.

Diakhir kunjungan kerjanya, Pangkoarmada III dan Rombongan memberikan tali asih kepada Warakauri dan anak yatim, serta meresmikan Masjid Jami’ Jabal Nur di Mako Lanal Aru, Desa Durjela Kecamatan Pulau Pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru.

Turut mendampingi Kunjungan Kerja Pangkoarmada III antara lain ; Ketua Daerah Jalasenastri Koarmada III, Yuanita Irvansyah, Komandan Lantamal IX Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina Asintel Pangkoarmada III Kolonel Laut (E) I Putu Budiastika, Asops Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Endra Hartono dan Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri III, Widiya Said Latuconsina serta Pengurus Jalasenastri Koarmada III.

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *