PANGDAM HASANUDDIN TERIMA SISWA STUDI STRATEGIS DALAM NEGERI PPRA LXIII LEMHANNAS RI

Hankam920 Views

Makassar – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, menerima siswa Studi Strategis Dalam Negeri ( SSDN) PPRA LXIII Lemhanas RI tahun 2022 di wilayah Sulawesi Selatan, di ruang Bina Yudha Makodam, Makassar, Selasa (5/4/22).

Pangdam dalam sambutannya mengucapkan selamat datang para siswa Studi Strategis Dalam Negeri PPRA LXIII Lemhannas RI angkatan 63 di wilayah Kodam Hasanuddin.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar Kodam Hasanuddin, Koopsau dan Lantamal selamat datang kepada para peserta di wilayah Sulawesi Selatan kiranya studi ini bisa terlaksana sesuai dengan rencana yang diharapkan,” ujarnya.

“Sebelumnya saya akan memperkenalkan diri, nama Andi Muhammad, S.H., Pangdam XIV/Hasanuddin. Adapun pengalaman tugas mulai dari Danton, Danki, Danyon maupun Dandim di wilayah Kalimantan Timur dan Barat selain itu pernah Danrem di Provinsi Bengkulu kemudian Irdam, Pangdivif-2/Kostrad dan sekarang ini Pangdam XIV/Hasanuddin,” sambungnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa studi strategis Dalam Negeri Lemhannas RI ini sangat penting guna memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempelajari dan memahami serta mengkaji potensi di suatu wilayah dengan berbagai permasalahan yang kompleks bisa ditinjau dari aspek pertahanan.

Lanjunya, tentunya nanti para peserta selama kegiatan studi di wilayah Kodam Hasanuddin akan mendapatkan berbagai informasi yang menyangkut penyelenggaraan pembinaan potensi ketahanan di wilayah Sulawesi Selatan.

“Selanjutnya dari hasil informasi tersebut dapat dijadikan sebagai bahan studi serta kajian akademik selanjutnya,” katanya lagi.

Kata dia, berbagai informasi saling sharing dan tukar pikiran untuk mengetahui perkembangan situasi kondisi terkini di wilayah Kodam Hasanuddin baik dari Koopsau dan Lantamal.

“Perlu diketahui Kodam Hasanuddin sebagai Kotama Bin langsung di bawah Kasad dan Kotama Ops di bawah Mabes TNI langsung di bawah kendali Panglima TNI,” jelas Pangdam.

Terang dia, Kodam Hasanuddin mempunyai tiga provinsi yakni, Sulsel, Sulbar dan Sultra yang membawahi tiga Korem yaitu Korem 141/TP, Korem 142/Tatag dan Korem 143/HO.

“Walaupun dinamika kondisi sosial, ekonomi, politik dan budaya cukup baik dan secara umum keadaan wilayah Kodam Hasanuddin cukup kondusif,” terangnya.

Turut hadir Tenaga Ahli Pengajar Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Ridho Hermawan, M.Sc mewakili Wakil Gubernur Lemhannas RI, Pangkoopsau II, Danlantamal VI/ Makassar, Kasdam, Irdam, Kapoksahli, Danrem 141/TP dan para Pejabat Utama Kodam Hasanuddin serta TNI AL dan AU.

(Jamal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *