JELANG LEBARAN HARGA DAGING SAPI DI SUMUT TEMBUS RP160 RIBU PER KILOGRAM

Berita Daerah409 Views

Medan – Menjelang lebaran, harga daging sapi di pasar tradisional Sumatra Utara (Sumut) naik dari Rp125 ribu jadi Rp160 ribu per kg.

Padahal biasanya harga daging sapi di wilayah tersebut dijual Rp125.000 per kg.

Meski terjadi lonjakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut memastikan ketersediaan daging sapi cukup. Saat ini, kebutuhan daging di Sumut surplus sebesar 2.230 ton.

“Kita ketahui konsumsi daging pada perayaan Idulfitri nantinya pasti akan meningkat. Kondisi di Sumut, hampir di seluruh kabupaten/kota untuk daging kita nyatakan aman, karena stok daging kita surplus sebesar 2.230 ton,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut Lies Handayani Siregar, seperti dikutip CNNIndonesia, Senin (10/4/23).

Menurut Lies, Bulog akan menyediakan daging beku selain daging sapi segar.

Harga daging beku ini tentunya bakal lebih murah dibandingkan daging segar. Ia menyebut daging beku ini dibanderol sekitar Rp80.000 per kg.

“Jangan khawatir dengan daging beku ini karena sangat aman untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Ia juga memastikan daging sapi yang beredar di pasar aman dari virus PMK. Karena itu, ia meminta masyarakat tidak perlu khawatir mengenai keamanan produk ternak tersebut.

“Tahun ini dilaporkan kabupaten/kota untuk penyakit PMK sudah sangat menurun. Di setiap perbatasan provinsi sudah ada check point yang memastikan ternak bebas PMK. Jadi setiap ternak yang masuk atau keluar provinsi akan terdeteksi virus PMK hewan tersebut,” pungkasnya.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *