ANIES DAN AHY NGOBROL 4 MATA DI MARKAS DEMOKRAT

Politik1532 Views

Jakarta – Capres Partai Nasdem, Anies Baswedan menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Menteng, Jakarta Pusat, Jum’at (7/10/22).

Mengutip Kumparan.com, Saat tiba di Kantor DPP Partai Demokrat, Gubernur DKI Jakarta itu disambut AHY bersama ratusan kader daerah hingga sejumlah relawan.

Tampak ikut turut menyambut Anies mulai dari istri AHY, Annisa Pohan, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Teuku Riefky Harsya, hingga Herzaky Mahendra Putra.

Anies, AHY, dan rombongan pengurus tersebut kemudian masuk ke kantor DPP untuk menggelar pertemuan.

AHY menggelar pertemuan 4 mata terlebih dahulu dengan Anies, kemudian menyambangi para pengurus Demokrat di auditorium gedung. Di situ AHY dan Anies memberi sambutan.

Setelahnya, Anies dan AHY akan menyampaikan jumpa pers di depan media. Pertemuan ini menguatkan duet Anies-AHY di Pilpres 2024.

“Tentunya dalam politik semua itu mungkin terjadi,” kata AHY soal kansnya jadi cawapres Anies disampaikan kepada wartawan, usai melantik Ketua DPC Demokrat se-DIY di Bantul, Selasa (4/10).

Di Rapimnas Partai Demokrat pada September lalu, kader memandatkan AHY untuk maju ke Pilpres 2024 baik sebagai capres atau cawapres. AHY juga menyatakan siap maju, mesti ia menekankan hal itu masih akan diputuskan dalam rapat Majelis Tinggi Partai dan partner koalisi.

Sementara, Anies Baswedan dideklarasikan oleh Partai NasDem sebagai bakal capres 2024 pada Senin (3/10/22) lalu. Ketum Partai NasDem Surya Paloh kemudian menyerahkan pilihan cawapres pada Anies.

“Soal cawapres, kalau NasDem, ya, sudah kasih otoritas sama Bung Anies,” kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/22).

“Bagaimana kita tiba-tiba pilih cawapres yang enggak cocok sama dia? Itu namanya cari penyakit,” imbuh dia.

Kendati demikian, hal itu juga akan dibahas bersama dengan NasDem dan parpol koalisi pilpres. Adapun belakangan, kans koalisi NasDem dengan Demokrat dan PKS makin menguat.

Anies dan AHY kerap dipasangkan oleh sejumlah survei jelang Pilpres. Dalam simulasi 4 dan 3 pasangan pada survei Charta Politika yang digelar 6-19 September 2022, keduanya cukup diperhitungkan dengan elektabilitas di atas 20%.

Usai deklarasi Anies, semakin banyak kader Partai Demokrat yang mengakui ingin AHY mendampingi Anies di Pilpres 2024.

Kepala Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief mengatakan, pertemuan Anies dan AHY pagi ini merupakan ujian pertama bagi Anies untuk menepati janjinya. Yakni janji yang akan dijajaki jika sama-sama diusung Demokrat di Pilpres 2024.

Ia meyakini, pertemuan perdana Anies dan AHY menjadi pertanda baik bagi partainya. Termasuk pertanda soal spekulasi AHY menjadi cawapres Anies.

“Anies sedang melalui tahap pertama ujian untuk tidak mencederai janji dan komitmennya terhadap Partai Demokrat dan koalisi. Partai Demokrat dan rakyat Indonesia sedang menantikan hal itu,” kata Andi dalam keterangannya, Kamis (6/10/22).

 

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *