TERPILIH DALAM SIAGA MOTOGP MANDALIKA 2022, KABASARNAS : MENJAGA MARWAH NEGARA

News1167 Views

Mataram – Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi hadir langsung meninjau kesiapsiagaan Basarnas untuk melakukan tindakan pertolongan dalam Perhelatan balap Internasional MotoGP Mandalika 2022, hari ini, Ahad (20/3/22).

Dalam kunjungannya Jenderal Bintang Tiga ini juga mengatakan bahwa Basarnas memang perlu terlibat secara langsung dalam MotoGP ini karena mengundang banyak penonton dan memiliki potensi adanya permintaan pertolongan dari tim SAR.

Lebih lanjut Henri menyampaikan sangat bangga dan tidak menduga jika Dorna memilih Basarnas untuk menjadi tim pengamanan SAR selama ajang MotoGP Mandalika berlangsung.

“Awalnya mereka sangat tidak percaya, begitu disampaikan kemampuan Basarnas Dorna langsung percaya dan meminta Basarnas terlibat secara langsung. Ini merupakan kejutan dan kebanggaan bagi kami terpilih menjadi marshal flaghal tersebut, membuktikan bahwa kemampuan para personil Basarnas tidak diragukan lagi,” tegas orang nomor satu di Basarnas.

Pada kesempatan MotoGP saat ini Basarnas yang tadinya menyiagakan satu helikopter di event ke-1, diminta untuk menyiapkan 2 helikopter.

Selain itu, Basarnas juga menyiagakan rigid inflatable boat (rib) untuk mengantisipasi semua kejadian yang membutuhkan pelayanan SAR dengan cepat.

“Kita tidak mengharapkan terjadi insiden apapun namun semua itu di luar kuasa dan Basarnas siap memberikan pelayanan pertolongan sehingga pemerintah dan masyarakat merasa yakin dan aman dengan kehadiran Basarnas di arena balap internasional ini,” jelasnya.

Henri berharap kegiatan ini berjalan sukses sehingga nama bangsa Indonesia harum di mata dunia.

Selain itu Kabasarnas juga meminta awak media untuk bersama menyukseskan kegiatan ini dan memberitakan ke seluruh dunia bahwa Indonesia siap dan tidak kalah menjadi tuan rumah perhelatan ajang internasional.

“Basarnas dalam kegiatan ini bisa saja lepas tangan tetapi semangat kita yang membuat kita harus hadir menjaga marwah negara kita yang sedang membangun,” pungkasnya.

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *