PRESIDEN CHINA MARAHI PERDANA MENTERI KANADA

News1129 Views
Denpasar – Saat bertemu dalam KTT G-20 di Bali Indonesia, Presiden China Xi Jinping memarahi Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.
Kemarahan Xi Jinping kepada Trudeau dipicu hasil rincian tentang percakapan keduanya bocor ke media massa.
“Semua yang kami diskusikan telah bocor ke media, itu tidak pantas,” kata Xi kepada Trudeau seperti dilansir The Guardian, Kamis (17/11/22).
Tredeau pun menanggapi teguran Xi tersebut, dan mengatakan bahwa dialog yang terus terang dan terbuka yang akan dia terus lakukan.
“Di Kanada, kami percaya pada dialog yang bebas dan terbuka dan terus terang. Itulah yang akan terus kami lakukan. Kami akan terus bekerja sama secara konstruktif, tetapi akan ada hal-hal yang tidak kami setujui,” kata Trudeau menyela penerjemah Xi.
Xi sambil memberi isyarat dengan tangannya memberi tahu Trudeau bahwa kedua negara itu harus menciptakan kondisi yang baik terlebih dahulu.
Usai percakapan keduanya, Xi berjabat tangan dengan Trudeau dan pergi ke arah yang berlawanan dan PM Kanada tampak terpukul setelah perbincangan itu.
Tim Trudeau mengatakan, bahwa dia dan Xi juga membahas terkait invasi Rusia ke Ukraina, Korea Utara, dan pentingnya konferensi keanekaragaman hayati COP15 pada bulan Desember mendatang.
Pada konferensi tersebut, China dan Kanada akan menjadi tuan rumah dalam upaya untuk melindungi alam dan memerangi perubahan iklim.
Setelah interaksi yang cukup menegangkan antara dirinya dengan pemimpin China itu, Trudeau mengatakan bahwa tidak setiap percakapan dengan kepemimpinan China akan mudah.
Namun, Trudeau menambahkan bahwa Kanada harus dapat terlibat secara konstruktif, sementara itu pada saat yang sama dirinya berupaya untuk menantang hak asasi manusia dan nilai-nilai yang penting bagi orang Kanada.
(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *