KABASARNAS KUNJUNGAN KERJA KE AUSTRALIA

News1074 Views

Canberra – Kepala Basarnas, Marsdya TNI Henri Alfiandi melaksanakan kunjungan kerja ke Canberra, Australia, Kamis – Jum’at (8-9/12/22).

Kunjungan kerja selama dua hari tersebut merupakan bagian dari kerja sama bilateral kedua negara di bidang pencarian dan pertolongan (Search and Rescue) yang telah lama terjalin dengan baik antara Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dengan Joint Rescue Coordination Center (JRCC) Australia.

Pada kesempatan tersebut Kabasarnas didampingi oleh Direktur Kesiapsiagaan dan Staf Bagian Kerja Sama melakukan pertemuan dengan CEO Australian Maritime Safety Authority (AMSA), Mr. Mick Kinley, yang membawahi JRCC Australia, kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi JRCC Australia.

KaBasarnas juga meninjau langsung dan melakukan diskusi terkait penyelenggaraan pelayanan SAR di Australia, diantaranya tugas dan fungsi, kerja sama dengan stake holders, dan juga koordinasi Ops SAR antar kedua negara di wilayah perbatasan.

Kabasarnas didampingi CEO AMSA juga berkesempatan meninjau dan melakukan inspeksi langsung ke pesawat SAR milik AMSA bertipe Challenger dari Bombardier.

Kabasarnas melakukan diskusi tanya jawab bersama awak pesawat Challenger terkait hal2 teknis kemampuan pesawat termasuk penggunaan teknologi dan peralatan pendukung pesawat dalam tugas SAR.

AMSA merupakan otoritas keselamatan maritim di Australia yang berada di bawah Ministry of Infrastructure and Transport of Australia.

Tugas fungsi AMSA salah satunya merumuskan kebijakan keselamatan pelayaran termasuk di dalamnya adalah tugas pencarian dan pertolongan (SAR). Basarnas dan AMSA telah menjalin kerja sama dengan baik, dan pada tahun 2004 telah ditandatanganinya Arrangement between Australia and Indonesian for the Coordination of Search and Rescue Services.

Kerja sama kedua negara di bidang pencarían dan pertolongan semakin meningkat melalui program Indonesia Transport Safety Assistance Package (ITSAP) yaitu paket bantuan Australia ke Indonesia berupa program peningkatan kapasitas pencarian dan pertolongan transportasi yang dimulai dari tahun 2008.

Di samping mengunjungi AMSA dan JRCC Australia, Kabasarnas juga mengunjungi Australian Maritime Border Command (MBC) untuk memahami tugas dari MBC yang merupakan salah satu komponen task force dari Australian Border Force yang salah satu tugasnya adalah mendukung operasi SAR dibawah koordinasi AMSA.

Di sela-sela kunjungan tersebut Kabasarnas juga melakukan Courtesy Call kepada Duta Besar RI untuk Australia, Dr. Siswo Pramono di Wisma Kedubes Republik Indonesia, Canberra.

Kabasarnas menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan kunjungan ke AMSA Australia yang merupakan bagian dari kerja sama bilateral kedua negara di bidang Pencarian dan Pertolongan.

Hubungan kerja sama kedua otoritas SAR kedua negara telah lama terjalin sangat baik melalui kerja sama peningkatan kapasitas SAR dan Latsar Ausindo termasuk koordinasi Ops SAR di perbatasan kedua negara.
Sementara Dubes RI untuk Australia menyambut baik hal tersebut dan menyampaikan bahwa hubungan bilateral Indonesia-Australia secara umum sangat baik di berbagai bidang kerja sama sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan.

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *