TURKI KECAM AMERIKA SERIKAT TERKAIT “INTIMIDASINYA” TERHADAP ARAB SAUDI

Internasional788 Views

Ankara – Turki mengecam Amerika Serikat (AS) atas sikapnya terhadap Arab Saudi atas keputusan Riyadh pada OPEC+ yang memangkas produksi minyak.

Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu menjuluki kritikan AS itu sebagai “intimidasi,” ketika Ankara memberikan dukungannya kepada Riyad dalam masalah ini.

“Kami melihat bahwa sebuah negara (AS) mengancam Arab Saudi, dan intimidasi ini tidak benar,” kata Cavusoglu seperti dikutip Anadolu Agency, Jum’at (21/10/22).

Sanksi perlu dicabut jika dunia ingin harga minyak turun, kata menlu Turki, menambahkan bahwa masalah tidak dapat diselesaikan dengan “mengancam satu negara (Arab Saudi).”

“Seluruh dunia membutuhkan minyak dan gas alam Venezuela. Ada juga embargo minyak Iran. Jika ingin harga minyak turun, maka cabut sanksi,” ujarnya lagi.

Pada 5 Oktober, Arab Saudi, yang memimpin organisasi OPEC+, memberikan suara mendukung pengurangan produksi minyak sekitar 2 juta barel per hari, dan Gedung Putih menuduh bahwa mereka tidak hanya memberikan dukungannya tetapi juga memberi tekanan pada negara-negara lain untuk mengikutinya.

Sementara Presiden AS Joe Biden secara vokal mengkritik Arab Saudi dan memperingatkan konsekuensi yang akan datang, namun dia belum mengungkapkan bentuk tanggapannya.

Pemotongan produksi minyak juga diberlakukan hampir sebulan sebelum pemilihan paruh waktu AS, di mana Demokrat tampaknya rentan kehilangan suara karena harga gas yang lebih tinggi di negara dengan inflasi tinggi.

 

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *