TENTARA TURKI TEMUKAN SENJATA BUATAN SWEDIA DI IRAK UTARA

Internasional592 Views

Ankara – Tentara Turki menemukan senjata anti-tank buatan Swedia, bersama dengan senjata dan amunisi lainnya, di sebuah gua yang digunakan oleh teroris PKK di Irak utara.

Melansir Anadolu Agency, Kamis (26/5/22), Kementerian Pertahanan Turki dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa Pasukan Komando Turki menyerbu gua selama Operasi Cakar-Kunci yang sedang berlangsung dengan kekuatan penuh meski kondisi cuaca buruk dan medan yang sulit.

Sekelompok teroris yang bersembunyi di gua yang dibersihkan dari teroris setelah mereka menembaki pasukan Turki, yang telah meminta para teroris untuk meletakkan senjata mereka.

Pihak berwenang Turki menggunakan istilah “menetralisir” untuk menyiratkan teroris yang bersangkutan menyerah atau dibunuh atau ditangkap.

Beberapa gua lain di daerah itu juga digerebek saat pasukan Turki mengintensifkan operasi setelah lima tentara Turki baru-baru ini tewas dalam operasi.

Senjata anti-tank AT-4 buatan Swedia ditemukan, bersama dengan beberapa jenis senjata dan amunisi lainnya, ungkap kementerian tersebut.

Televisi, penerima satelit, pemanas, generator, dan perlengkapan hidup juga disita dalam penggerebekan tersebut.

Salah satu tempat persembunyian adalah gua bertingkat yang dibagi menjadi kamar-kamar dan memiliki tangga yang menghubungkan tingkat yang berbeda, tambah kementerian itu.

Sejak 2020, Turki telah meluncurkan operasi berturut-turut terhadap teroris PKK yang bersembunyi di Irak Utara.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *