RUSIA SEBUT 10 LANGKAH USULAN ZELENSKYY MUSTAHIL DICAPAI

Internasional2258 Views

Moskow – Rusia pada Senin menyatakan rencana perdamaian sepuluh langkah yang diusulkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada November lalu “tidak mungkin” dicapai.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, menyatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kementerian bahwa atas dasar itu, penyelesaian damai tidak mungkin dilakukan.

“Tidak satu pun dari sepuluh poinnya berusaha mencari solusi diplomatik dan negosiasi untuk krisis, dan totalitas mereka adalah ultimatum yang tidak masuk akal dari Rusia, yang bertujuan untuk memperpanjang permusuhan,” ujar Zakharova seperti dikutip Anadolu Agency, Kamis (10/8/23).

Zakharova menyatakan Ukraina dan Barat sedang berusaha untuk “meremehkan” proposal perdamaian penting yang diberikan oleh negara lain, sambil juga mencoba mengambil alih hak mereka untuk mengusulkannya, dengan mendukung rencana perdamaian Zelenskyy.

“Intinya, seperti yang kami katakan, ada perjuangan melawan perbedaan pendapat di tingkat internasional, upaya untuk mendorong ide penyelesaian yang tidak dapat dijalankan melalui manipulasi yang tidak bermoral,” lanjut Zakharova.

Dia juga menyatakan penghargaan Rusia atas “mediasi dan prakarsa kemanusiaan” negara-negara dari Global South, mencatat bahwa Moskow telah mengikuti pembicaraan yang diadakan di kota Jeddah, Arab Saudi selama akhir pekan.

“Tidak seperti rezim Kyiv, yang menahan dan melarang negosiasi dengan Rusia, kami selalu dan tetap terbuka untuk solusi diplomatik atas krisis dan siap untuk menanggapi proposal yang sangat serius,”

Dia juga menyatakan bahwa tidak ada pertemuan tentang krisis Ukraina yang bermanfaat jika tidak ada partisipasi Rusia dan pertimbangan kepentingannya.

Konferensi dua hari tentang cara menyelesaikan perang Rusia-Ukraina berlangsung di Jeddah pada Sabtu dan Minggu. Ini adalah pertemuan pertama jenis ini yang diadakan di Kopenhagen, ibu kota Denmark, pada Juni, tetapi Rusia tidak hadir.

Pada pertemuan tingkat tinggi G-20 terakhir di Indonesia, formula perdamaian Zelenskyy, yang terdiri dari sepuluh persyaratan, telah dipresentasikan, dengan penandatanganan kesepakatan damai sebagai langkah akhir. Keamanan nuklir, pangan, dan energi adalah topik utama lainnya.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *