PUTIN SEBUT PINTU DIALOG UNTUK UKRAINA MASIH TERBUKA

Internasional567 Views

Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa pihaknya masih membuka dialog dengan Kyiv.

Mengutip Sputniknews, Selasa (3/5/22), hitu disampaikan Putin kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron melalui telepon.

Namun kata dia meskipun Moskow masih terbuka untuk berdialog dengan Kyiv, namun pihak Ukraina tampaknya tidak siap untuk bekerja secara serius.

Pemimpin Rusia itu juga menyatakan bahwa kota Mariupol di Ukraina telah dibebaskan oleh pasukan Rusia, dan bahwa warga sipil dari fasilitas pabrik Azovstal di sana sedang dievakuasi sesuai dengan kesepakatan yang mereka capai dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Presiden Rusia telah mengkritik negara-negara Uni Eropa karena mengabaikan kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan Ukraina dan pemboman intens permukiman di Donbass.

Memperhatikan bahwa warga sipil tewas sebagai akibat dari tindakan pasukan tentara Ukraina ini, Putin menekankan bahwa Barat dapat berkontribusi untuk mengakhiri kekerasan ini dengan menggunakan pengaruhnya di Kyiv dan mengakhiri pasokan senjata ke Ukraina.

Menurut pejabat Kremlin, selama panggilan telepon, pihak Prancis menyatakan keprihatinan mereka tentang masalah dalam memastikan keamanan pangan global. Mengenai masalah ini, Presiden Rusia menyatakan bahwa masalah ini terutama disebabkan oleh sanksi Barat yang anti-Rusia dan menggarisbawahi pentingnya berfungsinya infrastruktur logistik dan transportasi global tanpa hambatan.

Selain itu, Putin memberi selamat kepada Macron karena memenangkan pemilihan yang diadakan di negaranya pada akhir April dan terpilih kembali sebagai presiden.

Kedua pemimpin sepakat untuk melanjutkan dialog antara negara mereka di berbagai tingkatan.

(Red/Sumber)

#presiden #rusia #putin #ukraina #pbb #kremlin #guterres #macron #prancis #barat #kyiv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *