PENTAGON SEBUT CHINA TARGETKAN MILIKI 1500 HULU LEDAK NUKLIR PADA TAHUN 2035

Internasional939 Views

Washington DC – Departemen Pertahanan AS (Pentagon) menyatakan bahwa jika modernisasi senjata nuklir China berlanjut, Beijing mungkin memiliki 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035.

Mengutip Sputniknews, Rabu (30/11/22), Pentagon telah menyelesaikan ‘Laporan Kekuatan Militer China’ tahunannya kepada Kongres.

Laporan tersebut mencakup perincian kebijakan keamanan China dan, secara paralel, perkembangan tahun 2021 terkait ekonomi, kebijakan luar negeri, udara, darat, kekuatan angkatan laut, elemen kekuatan strategis, pekerjaan infrastruktur, program modernisasi militer, dan kapasitas tenaga nuklir.

Laporan setebal 196 halaman itu menyatakan bahwa upaya AS untuk menahan China dilihat oleh Beijing sebagai hambatan kebijakannya untuk membangun kembali peradaban besar China pada tahun 2049.

Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa China terus bekerja secara intensif untuk memodernisasi dan mendiversifikasi kemampuan nuklirnya selama 10 tahun ke depan.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa Beijing telah meningkatkan investasi di platform peluncuran nuklir udara, darat dan laut.

Kementerian Pertahanan juga memperkirakan bahwa jumlah hulu ledak nuklir yang ada di China melebihi 400.

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa China menargetkan untuk menyelesaikan proses modernisasi nuklirnya pada tahun 2035.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *