META BLOKIR AKUN MEDIA SOSIAL PEMIMPIN TERTINGGI IRAN

Internasional737 Views

California – Meta pada Kamis mengumumkan bahwa mereka telah memblokir semua akun Facebook dan Instagram milik Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei, menurut laporan beberapa media.

“Kami telah menghapus akun-akun ini karena berulang kali melanggar kebijakan Organisasi dan Individu Berbahaya kami,” kata Meta dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Anadolu Agency, Sabtu (10/2/24).

Meskipun Meta tidak secara spesifik mengutip perang Israel-Hamas dalam penghapusan akun Facebook dan Instagram Khamenei dalam bahasa Inggris dan Persia, raksasa media sosial itu berada di bawah tekanan untuk mengambil tindakan terhadap akun Khamenei sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober lalu.

Khamenei menyuarakan dukungannya atas serangan mematikan itu, meski dia menyangkal keterlibatan Iran.

Pemimpin Iran itu juga secara terbuka mendukung pembalasan Palestina terhadap serangan mematikan Israel di Gaza, yang kini telah menyebabkan korban jiwa mencapai 27.840 orang dan terus bertambah.

Selain itu, dia mendukung serangan pemberontak Houthi Yaman terhadap kapal-kapal di Laut Merah.

Khamenei, yang telah memerintah Iran selama 35 tahun, memiliki 5 juta pengikut di Instagram.

“Dalam upaya mencegah dan menghentikan dampak buruk di dunia nyata, kami tidak mengizinkan organisasi atau individu yang menyatakan misi kekerasan atau terlibat dalam kekerasan untuk hadir di platform kami,” kata kebijakan yang menjadi dasar keputusan Meta.

Perusahaan juga mengatakan akan “menghapus pemuliaan, dukungan dan representasi berbagai organisasi dan individu berbahaya.”

​​​​​​Khamenei masih memiliki akun media sosial di platform X milik Elon Musk dengan satu juta pengikut.​​​​​​​

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *