DRONE AKINCI TURKI SUKSES UJI TEMBAK GUNAKAN RUDAL BERPRESISI TINGGI

Internasional535 Views

Ankara – Bayraktar AKINCI TİHA (Assault Unmanned Aerial Vehicle), yang dikembangkan secara nasional dan awalnya oleh Baykar dalam lingkup proyek AKINCI yang dilaksanakan di bawah kepemimpinan Presidensi Industri Pertahanan, telah berhasil menyelesaikan tahap penting lainnya dalam proses integrasi amunisi.

Melansir GazeteVatan, Kamis (16/6/22), Bayraktar lepas landas dari Orlu pada hari Selasa, 14 Juni 2022, dengan amunisi KGK-SİHA-82 (Winged Guidance Kit) yang dikembangkan oleh TÜBİTAK SAGE berhasil menyelesaikan uji tembak pertamanya untuk koordinat yang ditentukan di laut lepas pantai Sinop. Kamera elektro-optik pada AKINCI dan antena telemetri di darat mengkonfirmasi bahwa amunisi seberat 340 kilogram mencapai target yang berjarak 30 kilometer dengan presisi tinggi.

Bayraktar AKINCI, yang berhasil melakukan uji tembak target di permukaan laut dengan Teber-82 yang dikembangkan oleh Roketsan, juga memegang rekor ketinggian dalam sejarah penerbangan nasional Turki. Melanjutkan penerbangan uji cobanya, Bayraktar AKINCI B TİHA memecahkan rekor ketinggian dalam sejarah penerbangan Turki dengan terbang ke ketinggian 40.170 kaki dalam uji terbangnya pada 11 Maret 2022

TENTANG MISI OPERASIONAL

Bayraktar, yang masuk inventarisasi pada 29 Agustus 2021 dengan upacara yang dihadiri oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan.

AKINCI TIHA saat ini secara aktif digunakan dalam tugas operasional oleh pasukan keamanan Turki. Sejauh ini, 6 Bayraktar AKINCI TİHA telah memasuki inventaris pasukan keamanan.

PERJANJIAN EKSPOR DITANDATANGANI DENGAN TIGA NEGARA

Kontrak ekspor telah ditandatangani dengan 3 negara untuk Bayraktar AKINCI TİHA. Dalam lingkup kontrak, Bayraktar AKINCI TİHA dan sistem ground diharapkan akan dikirimkan secara berkala mulai tahun 2023. Menyadari ekspor UAV nasional pertamanya pada tahun 2012, Baykar menyelesaikan ekspor sistem S/UAV senilai 664 juta dolar pada tahun 2021, menghasilkan lebih dari 80% pendapatannya dari ekspor. Negosiasi berlanjut dengan banyak negara yang tertarik dengan TİHA Bayraktar AKINCI Nasional.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *