DELEGASI AS BERTEMU PETINGGI TALIBAN DI QATAR

Internasional215 Views

Doha – Delegasi Amerika, yang dipimpin oleh Utusan Khusus AS untuk Afghanistan Thomas West, bertemu dengan para pemimpin puncak Taliban di Doha, ibu kota Qatar.

Melansir Sputniknews, Sabtu (2/7/22), Departemen Luar Negeri AS dalam pernyataannya mengatakan bahwa delegasi yang dipimpin oleh West tersebut meliputi pejabat dari Departemen Luar Negeri dan Keuangan AS, serta Badan Pembangunan Internasional AS (USAID).

Disebutkan mereka bertemu dengan para pejabat tinggi. tingkat perwakilan Taliban pada 29-30 Juni lalu.

Pada kesempatan itu Delegasi AS menyatakan belasungkawa atas hilangnya nyawa dan kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi baru-baru ini di Afghanistan.

Disebutkan utuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal dan sanitasi orang-orang Afghanistan yang terkena dampak gempa, USAID memberikan bantuan kemanusiaan senilai $ 55 juta.

Disebutkan pula bahwa Amerika Serikat telah memberikan lebih dari $774 juta dalam bantuan kemanusiaan ke Afghanistan sejak Agustus 2021 lalu.

Delegasi AS menyatakan senang bahwa pemerintahan Taliban membayar sebagian utangnya kepada lembaga keuangan internasional.

Pernyataan itu menegaskan kembali dukungan pihak AS untuk langkah-langkah untuk meningkatkan ketersediaan mata uang Afghanistan , dan kedua delegasi membahas secara rinci langkah-langkah yang telah diambil AS untuk melestarikan $3,5 miliar dalam cadangan Bank Sentral Afghanistan untuk kepentingan rakyat Afghanistan dan langkah-langkah yang telah diambil Bank Sentral Afghanistan untuk membangun kepercayaan internasional.

Dalam pernyataan itu, ditekankan bahwa ‘Taliban melanjutkan dan memperluas pembatasan hak-hak perempuan dan anak perempuan Afghanistan’ adalah salah satu topik utama pertemuan tersebut.

Menyatakan bahwa kedua belah pihak tertarik pada pertukaran tambahan mengenai kontra-narkotika dan kesiapsiagaan tanggap bencana.

Sementara itu, Taliban menegaskan kembali komitmen mereka bahwa mereka tidak akan membiarkan wilayah Afghanistan digunakan oleh al-Qaeda, ISIS maupun organisasi teroris lainnya.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *