KOPASGAT SATGASUD PAM VVIP KTT G-20 BERHASIL LUMPUHKAN DRONE LIAR

Hankam731 Views

Denpasar – Guna mendukung kelancaran dan keamanan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Bali, personil Yonko 466 Kopasgat yang tergabung dalam Satgasud Pam VVIP KTT G20 mengawaki Multi Mission Mobile Communication System (M3CS) dan Anti Drone.

Puspen TNI dalam siaran persnya, Jum’at (18/11/22) menyebutkan bahwa lada tanggal 15 November 2022 pukul 12.52 WITA, Personil Yonko 466 Kopasgat yang ditugaskan mengawaki M3CS dan Anti Drone di Desa Ungasan Kec. Kutai Selatan Kab. Badung, Bali, telah mendeteksi adanya 1 buah drone liar pada jarak 3 km.

Drone liar tersebut dideteksi berada di area selatan Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang menjadi salah satu tempat perhelatan KTT G-20.

Setelah terdeteksi, Personil Yonko 466 Kopasgat melakukan penindakan jamming terhadap drone liar tersebut dengan menggunakan Anti Drone atau Drone Jammer.

Dengan kesigapan dan ketangkasan yang dimiliki oleh Prajurit Pasopati, akhirnya drone liar tersebut berhasil dilumpuhkan (take down).

Sebelumnya Danyonko 466 Kopasgat Letkol Pas Aguswono Prasetyo berpesan bahwa pelaksanaan tugas PAM VVIP KTT G-20 ini merupakan tanggung jawab semua pihak, terutama prajurit Kopasgat yang merupakan insan Angkatan Udara.

Oleh karena itu, bukan hanya keamanan personil delegasi negara peserta G-20, namun keamanan wilayah udara nasional pada perhelatan konferensi internasional ini merupakan tanggung jawab TNI AU, khususnya Kopasgat.

 

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *