KADES SOMBU : PROGRAM BUPATI WAKATOBI RP 1 MILYAR PERDESA BELUM ADA

Berita Daerah371 Views

Wakatobi – Nampaknya program Bupati Wakatobi Haliana terkait kucuran dana Rp 1 milyar perdesa belum dirasakan oleh masyarakat.

“Rp 1 milyar perdesa belum ada,” kata Kepala desa (Kades) Sombu Kecamatan Wangi-wangi La Ndilu saat diwawancarai usai mengikuti rapat di DPRD kabupaten Wakatobi, Senin (31/7/23).

Kades Sombu La Ndilu menerankan, program Rp 1 milyar perdesa itu adalah desa membuat program lalu diusulkan ke Pemda Wakatobi, bukan berbentuk (uang) yang akan di bagi-bagi.

Yang lebih memilukan lagi, program yang mereka usulkan dalam musrembang desa tidak ada yang direalisasikan satu pun oleh Pemda Wakatobi.

“Melalui musrembang kami sudah usulkan program terkait jalan lingkar desa Sombu, lorong, jalan tani, dan talud,” ungkapnya

La Ndilu menjelaskan, sebagai desa pariwisata yang pantainya telah abrasi maka pihaknya memprioritaskan pembangunan talud.

Padahal La Ndilu mengungkapkan, untuk menguatkan program usulan mereka dalam Musrembang, ia secara langsung telah menyerahkan proposal program langsung ke Bupati Wakatobi namun sayangnya tidak ada yang terealisasi.

Ia menjelaskan, Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang dimiliki tidak mampu merealisasikan seluruh program desa sehingga diharapkan dapat diakomodir melalui APBD Kabupaten Wakatobi.

Ia berharap, Pemda Wakatobi bersama DPRD dapat mengawal program yang diusulkan oleh desanya agar dapat terealisasi.

(AOM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *