TERKAIT VERIFIKASI PARPOL, BAWASLU TEMUKAN PULUHAN PELANGGARAN KPU

Politik1534 Views

Jakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menemukan puluhan pelanggaran yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam proses verifikasi partai politik (parpol) Pemilu 2024.

Temuan tersebut diungkapkan oleh Ketua Bawaslu , Rahmat Bagja, dalam acara konsolidasi nasional perempuan Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Jakarta, Selasa (20/12/22).

“Temuan Bawaslu adalah mengenai pelanggaran, kalau kecurangan kita tidak kemudian bisa membuktikannya kan. Karena pelanggaran terbukti ada. Pelanggaran terbukti ada 99 pelanggaran, kemudian ada proses yang masih berjalan,” katanya seperti dikutip Sindonews.

Rahmat Bagja mengungkapkan, telah memberikan saran perbaikan kepada KPU.

Sebagian ada yang tidak dilakukan, namun kata Bagja banyak juga saran perbaikan yang dilakukan oleh KPU terhadap proses verifikasi tersebut.

“Jadi saran-saran perbaikan yang diajukan Bawaslu di tingkat daerah itu dilanjutkan atau dilakukan oleh KPU di tingkat daerah,” katanya lagi.

“Pada saat di Bawaslu kita juga menyampaikan imbauan kepada KPU RI mengenai, pertama pendaftaran. kedua masalah verifikasi administrasi, ketiga masalah kehati-hatian dalam melakukan verifikasi faktual. Itu sudah kami lakukan,” tutup Rahmat Bagja.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *