JOKOWI BELUM TENTUKAN DUKUNGAN CAPRES, KATA PAKAR INI ALASANNYA

Politik300 Views

Jakarta – Pakar Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengungkap beberapa pertimbangan Presiden Jokowi hingga kini belum memberikan dukungan kepada Capres yang akan berlaga pada pemilu 2024 nanti.

Alasan pertama kata dia, karena Presiden Jokowi ingin menegakkan demokrasi yang tidak membolehkan dirinya mendukung siapapun calon presidennya.

Lanjutnya alasan kedua adalah Presiden Jokowi tidak ingin terjebak di tengah antararelawan dan partai mengingat
PDIP hingga kini belum menentukan Capres sedangkan dukungan kader PDI-P kepada Ganjar Pranowo terus digalakkan.

“Adanya gerakan yang aktif bersuara mendukung Ganjar Pranowo padahal PDI Perjuangan belum menentukan capres. Pak @Jokowi tidak ingin terjebak dalam situasi sulit, terjebak ditengah antara relawan dan partai,” ujar Hensat sapaan akrabnya melalui akun Twitternya, Ahad (22/5/22).

Pendiri Lembaga Survei Kedai KOPI itu menyebut alasan ketiga pertimbangan Presiden Jokowi karena memahami bahwa situasi politik sangat dinamis yang memungkinkan relawan Jokowi untuk mempertimbangkan memberikan dukungan bagi siapapun capresnya termasuk Puan Maharani ataupun Anies Baswedan.

Sementara alasan keempat kata dia karena terkait dengan kondisi negara saat ini.

“Kondisi Negara membuat Pak Jokowi masih butuh dukungan pengawalan dari para relawan untuk menjaga dirinya dari berbagai masukan kritis Rakyat yang punya pandangan berbeda. Bila relawan sudah dukung Capres lain, nanti yang bela Pak Jokowi siapa?” imbuhnya.

Sedangkan pertimbangan terakhir Presiden Jokowi menurut Hensat karena sang presiden belum mendapatkan arahan dalam bentuk wangsit.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya dalam Rakernas Projo di Magelang, Sabtu (21/5/22), Presiden Jokowi dalam pidatonya melontarkan kata “ojo kesusu”.

“Ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa, Meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini,” ujar Jokot saat itu.

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *