ANIES – MUHAIMIN DINILAI PASANGAN SOLID DAN INDEPENDEN

Politik1522 Views

Jakarta – Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam meyakini pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berada di atas angin karena lebih solid dan independen.

Kata dia tidak seperti kandidat lain, pasangan Anies -Cak Imin tidak mengharapkan dukungan dari Presiden Joko Widodo.

“Jika melihat kalkulasi yang ada, yang lebih aman dan berada di atas angin adalah pasangan Anies-Cak Imin. Karena mereka lebih solid dan lebih independen jika dibandingkan dengan Ganjar dan Prabowo. Baik Ganjar dan Prabowo sama-sama mengekor dan berharap dapat dukungan dari Jokowi,” ujar Saiful seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (12/9/23).

Padahal, kata Saiful, Jokowi tidak mungkin akan bermain dua kaki. Sehingga, pada akhirnya Jokowi akan menentukan salah satu calon yang layak didukung.

“Dan yang pasti Jokowi akan mendukung kandidat yang akan berpotensi lebih menguntungkan bagi dirinya,” kata Saiful.

Dengan demikian, menurut akademisi Universitas Sahid Jakarta ini, jika melihat konstelasi yang ada, pasangan Anies-Cak Imin lebih aman. Karena keduanya tanpa beban harus mendapatkan dukungan dari Jokowi.

“Dari perbedaan itulah Anies-Cak Imin lebih diuntungkan, bahkan jika pemilu berlangsung dua putaran, maka dapat dipastikan pasangan Anies-Cak Imin akan berhadapan dengan Prabowo atau Ganjar di putaran kedua,” kata Saiful.

Hal itu dikarenakan Anies-Cak Imin tidak bergantung dan tidak tergantung pada sosok Jokowi yang memang sulit diharapkan.

“Terlebih lagi banyak problem yang dihadapi pemerintahan Jokowi menjelang jabatannya berakhir,” pungkas Saiful.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *