SPANDUK SEDIKIT BANYAK MASSA

Opini1288 Views

Oleh: Muslim Arbi
Direktur Gerakan Perubahan dan Koordinator Indonesia Bersatu

Dari dana kampanyenya yang hanya 1 miliar rupiah. Pantas saja kalau alat peraga kampanye: browsur, pamflet, banner, spanduk dan billboard diberbagai kota sepi.

Tapi saat kampanye, massa berjubel diberbagai kota. Nampak strategi kampanye 01 sangat ciamik.

Saat ini penggunaan medsos sudah menjadi kebutuhan pokok, termasuk menjadi alat kampanye pilpres.

Pasangan capres 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar nampak punya strategi kampanye guna meraup dukungan suara pemilih saat ini.

Tidak perlu repot-repot cetak kaos, jaket dan alat peraga kampanye lainnya dengan keluarkan dana fantastis seperti capres lainnya.

Paslon Amin mendulang dukungan dan simpati publik dan massa yang sangat fantastis dan luar biasa.

Apalagi tagline perubahan dan persatuan. Di mana saat ini kondisi riil ketimpangan dan ketidakadilan dirasakan terjadi di mana-mana.

Persatuan cenderung terpecah dan koyak akibat kebijakan yang diambil rezim lebih pro oligarki dan pemilik modal.

Bahkan para oligarki pemilik 1/3 kekayaan di republik ini telah memproklamasikan dukungan bagi capres Istana, yang membuat rakyat semakin muak dan tidak puas dengan kebijakan memihak penguasa saat ini.

Maka pantaslah kalau capres dukungan istana meski dibekali dana kampanye yang buncit dan fantastis, tapi tidak mendapat dukungan rakyat yang besar.

Perananan Hp sebagai alat penyambung dan penyampaian pesan termasuk pesan-pesan kampanye 01 ditambah dengan karakteristik capres dan tawaran gagasan untuk perubahan dan Indonesia lebih baik semakin disambut meriah rakyat dari Sabang hingga Merauke.

Apalagi rekam jejak nyata dan rekam jejak digital Capres Anies Baswedan yang memoles Ibu Kota DKI Jakarta lima tahun lalu memberikan bukti nyata, bukan janji-janji gombal penguasa selama ini.

Maka pantaslah kecerdasan publik dan akal sehat rakyat dilengkapi dengan alat komunikasi canggih seperti Handphone melambungkan kerja-kerja cerdas capres 01 dan timsesnya yang meraup dukungan publik yang luar biasa.

Apalagi ditambah dengan penekanan dan intimidasi terang-terangan yang dialami oleh capres 01 di arena debat maupun di lapangan membuat rakyat dan publik semakin simpati.

Nah, lebih fantastis lagi pernyataan mendukung dan memihak terhadap paslon 02 oleh Joko Widodo karena puteranya, Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres, padahal seharusnya presiden sebagai kepala negara harus netral.

Perasaan rakyat yang dizalimi oleh penguasa di tambah dengan alat bantu canggih komunikasi dan medsos yang terus memberi pencerahan dan semangat akan Perbaikan dan Perubahan di negeri ini segera terwujud.

Paslon 01 telah memanen hasil teknologi, Ilmu dan Sains dalam maracik strategi kampanye yang fantastis, apalagi ditambah dengan penampilan menarik dan simpati tanpa emosi dan marah-marah.

Membuktikan, dana minim, spanduk sedikit tapi meraup dukungan yang luar biasa dari rakyat dibanding paslon yang spanduknya merusak pemandangan dan dikeluhkan berbagai pihak karena dianggap, maaf “sampah spanduk” di mana-mana tapi sepi dukung dan sepi massa.

#muslimarbi
#presiden
#jokowidodo
#gibran
#anies
#istana
#muhaimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *