MODAL AHY KETUM PARTAI, GATOT NURMANTYO PEMBERANI…!

Opini1188 Views

Oleh : Faizal Assegaf
Kritikus

Bongkar pasang nama Cawapres semakin alot. Sosok Gatot Nurmantyo kian bergulir, dibayangi AHY yang tanpa henti bermanuver untuk meyakinkan Anies Baswedan.

Menariknya Gatot Nurmantyo terlihat santai, tidak punya ambisi. Sikap itu membuat rakyat makin bersimpati. Gatot dinilai konsisten menyuarakan ketidakadilan dan sangat pemberani.

Tak kalah populer, AHY dipompa oleh loyalis Cikeas. Alasannya dia layak diusung maju Cawapres karena muda dan selaku Ketua umum parta. Sembari AHY dipoles agar mulai belajar bersikap kritis.

Perkara siapa yang layak dan ideal mendampingi Anies, sudah sangat jelas terlihat. Bahkan SBY dan elite Demokrat tentu legowo bila Gatot yang dilamar oleh Anies.

Maklum Gatot dan SBY punya hubungan kuat. Bahkan di kalangan mantan petinggi TNI, berharap Demokrat berbesar hati mendukung Anies-Gatot. Aspirasi itu terus munguat sesuai harapan rakyat.

Namun Gatot lebih memilih bersikap elegan. Sadar bahwa ihwal penentuan Cawapres tersandera oleh ketentuan ambang batas 20 persen. Gatot bukan ketum partai, hanya rakyat biasa.

Perkara kriteria itu membuat AHY terkesan mengunci NasDem dan PKS. Akibatnya partai koalisi perubahan terlihat kaku, tersandera kepentingan pribadi yang sangat mononjol. Suara rakyat seolah diabaikan.

Rakyat berharap NasDem, PKS dan Demokrat konsisten menegakkan konsensus yang telah disepakati. Yakni, biarkan Anies yang memutuskan siapa yang dianggap tepat dan layak.

Tidak bijak mereduksi tujuan koalisi partai yang katanya demi kepentingan rakyat. Namun terkesan perputar-putar di situ saja. Semoga tak menjadi berlarut-larut dan membosankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *