BOLEH SAJA KEBAL HUKUM, TAPI TIDAK AKAN KEBAL MASSA

Opini917 Views

Oleh : Ahmad Khozinudin
Sastrawan Politik

Jakarta – Saya bingung, mau bersedih atau bahagia. Satu sisi saya begitu bersedih, mendengar kabar ada orang di pukuli dan ditelanjangi, diarak didepan publik.

Sedih sekali, melihat orang -apalagi berpendidikan- ditelanjangi dan dipukuli. Dipermalukan sedemikian rupa dihadapan publik.

Tapi begitu tahu, bahwa yang dipukuli dan ditelanjangi adalah Ade Armando, saya berubah. Tidak tersisa sedikitpun kesedihan, yang ada saya begitu bahagia. Saya bahagia, yang ditelanjangi dan dipukuli adalah Ade Armando.

Kenapa ? karena Ade Armando telah berulangkali menistakan agama. Jadi wajar dan layak, Ade Armando direndahkan wibawanya, sebagai mana dulu Kace dipermak oleh Irjen Napoleon Bonaparte.

Kabarnya, Ade Armando menjadi korban luka-luka dalam kericuhan pengunjuk rasa di Gedung DPR RI, Senin (11/4/2022). Dalam sebuah video yang beredar luas, Ade mengalami kejadian mengenaskan.

Wajahnya dipenuhi darah dan dia tampak tidak mengenakan celana. Ade langsung dirawat di dalam gedung DPR RI dengan penjagaan ketat dari kepolisian.

Ade Armando sebelumnya terkenal mudah menyakiti umat Islam, menistakan agama, dan tak ada hentinya mengeluarkan statement menyakitkan. Pada tahun 2015 dia dilaporkan, ditetapkan tersangka, namun di SP3.

Tahun 2017 SP3 digugat dan dibatalkan. Namun, kasusnya tidak pernah jalan hingga saat ini. Sejumlah penistaan agama terus dilakukan, sejumlah laporan dilakukan, tapi Ade Armando tetap sakti.

Ade Armando terbukti kebal hukum, tapi tidak kebal terhadap aksi massa. Ade Armando boleh bangga bisa lepas dari jerat hukum, tetapi tidak kebal dengan aksi massa.

Kasus ini menjadi perhatian kepada siapapun yang mulutnya mudah melecehkan agama Islam. Mungkin saja, kedepannya banyak yang tak menempuh jalan hukum, tetapi mengambil aksi massa. Semoga, peristiwa ini menjadi perhatian bagi semua.

Dalam mengeluarkan pendapat, tidak melulu mengikuti doktrin kebebasan. Melainkan, wajib memperhatikan keyakinan dan suasana kebatinan umat Islam.

Meskipun demikian, sampai saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab Ade Armando ‘dimasa’ didepan gedung DPR. Perlu penyeledikan lebih lanjut terhadap hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *