PUTRA ACEH, AKBAR HIMAWAN BUCHARI TERPILIH JADI KETUM HIPMI PERIODE 2022-2025

News1350 Views

Solo – Putra Aceh, Akbar Himawan Buchari (AHB) akhirnya terpilih secara sah menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2022-2025 Rabu, (23/11/22)

Mengutip infoaceh.net, Putra Toke Bus Kurnia Lampoh Saka, Pidie, Almarhum Bukhari ini menjadi Ketua Umum BPP HIPMI periode 2022-2025 setelah memenangkan perolehan suara di Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munas HIPMI) ke XVII di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah.

Akbar Buchari menang di putaran kedua setelah memperoleh 92 suara, mengungguli calon lainnya Bagas yang mendapatkan 68 suara.

Sekretaris Sidang Pemilihan Ketum HIPMI, Robert Muda Hartawan mengatakan Pelaksanaan pemilihan suara Munas XVII HIPMI berjalan tuntas.

“Hasil pemilihan umum Munas HIPMI menetapkan Saudara Akbar Himawan Buchari Ketua Umum terpilih BPP HIPMI masa bakti 2022-2025,” terang Robert, di Surakarta, Rabu (23/11/22) didampingi Ketua Sidang Hafrizal Okta Ade Putra.

Akbar Buchari Ketua umum HIPMI terpilih mengatakan pelaksanaan Munas XVII sudah diselesaikan dengan baik. Proses regenerasi tidak ada yang menang dan kalah yang ada adalah pembelajaran sebagai pemimpin nasional.

“Saya mewakafkan kepada HIPMI tentu perlu dukungan seluruh kader hipmi seluruh indonesia, saya mohon kerja samanya,” jelas Akbar Buchari.

Dalam pidatonya, Akbar mengatakan HIPMI adalah organisasi dewasa yang berusia 50 tahun. Dimana selama ini berkontribusi aktif pada pembangunan ekonomi nasional.

“Saya berkomitmen membangun hipmi ke depan bersama Bagas dan Anggawira,” jelas pengusaha properti yang juga mantan Ketum HIPMI Sumut ini.

Sementara rivalnya Bagas Adhadirgha langsung memberikan selamat kepada Akbar Buchari.

“Selamat kepada saudaraku Akbar Himawan Buchari semoga mampu memimpin HIPMI ke depan,” ucap Sekjen HIPMI 2019-2022 ini.

Hasil lengkapnya pada putaran pertama calon ketua umum Akbar Himawan Buchari memperoleh 57 suara, Bagas Adhadirgha memperoleh 71 suara dan Anggawira mendapat 41 suara.

Karena tidak ada caketum yang mencapai 85 suara atau 50%+1 maka dilakukan putaran 2 dan diikuti dua caketum suara tertinggi. Yakni Bagas Adhadirgha dan Akbar Himawan Buchari.

Pada putaran kedua, Akbar Buchari meraih 92 suara dan Bagas Adhadirgha mendapatkan 68 suara. Sedangkan yang absen atau tidak sah 5 suara.

Kemenangan Akbar tersebut karena mendapat tambahan suara dari para pendukung Caketum Anggawira.

Jalannya proses pemilihan suara dimulai Rabu sore (23/11/22) pukul 15.30 WIB diawali tahapan penetapan calon ketua umum, penyampaian visi misi dan pemungutan suara.

Selanjutnya utusan atau voter dari 34 BPD seluruh Indonesia memberikan hak pilih secara bergantian. Total terdapat 170 voter yang ikut dalam tahap pemilihan. Namun ada 2 yang didiskualifikasi sehingga menjadi 168 suara.

Kemudian di putaran kedua total suara sah berjumlah 165 karena ada beberapa surat suara rusak.

Prosesi Munas mulai 21 – 23 November 2022 sampai tahapan pemilihan ketua umum berjalan lancar dan sukses.

Sejumlah senior senior HIPMI juga tampak hadir sebagai bentuk kecintaan yang amat tinggi terhadap organisasi yang telah berusia 50 tahun ini. Para senior tersebut antara lain Abdul Latief pendiri HIPMI, mantan ketua Umum Raja Sapta Oktohari, Bahlil Lahadalia dan sejumlah tokoh muda lainnya.

Munas XVII juga menetapkan tim formatur HIPMI, antara lain Akbar Buchari, Bagas Adhadirgha dan Eka Sastra. Selanjutnya formatur membentuk seluruh kepengurusan BPP HIPMI 2022-2025.Berikut profil Akbar Himawan BuchariAkbar Himawan Buchari merupakan putra Aceh, yang besar dan berbisnis di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Kehidupan di masa muda bisa dibilang cukup berbeda dengan anak muda pada umumnya.Ia sudah harus berjibaku dengan serentetan bisnis mulai dari transportasi, perhotelan, perkebunan, properti hingga bidang konstruksi.

Otobus Kurnia, Hotel Swiss Bell In Gajah Mada dan Hotel Saka di Kota Medan ia kelola sejak masih muda.

Sejak kepergian ayahnya Buchari, Akbar dipaksa keadaan untuk meneruskan posisi ayahnya sebagai pebisnis. Ia berpikir keras dan gigih belajar bisnis meski usianya masih menginjak 10 tahun. Akbar harus merasakan asam garam kehidupan sejak usia dini. Tak hanya menghadapi dilema kehidupan, namun juga menghadapi konflik bersenjata hingga tsunami.

“Mungkin kalau ayah masih hidup, saya sekarang baru lulus S2 dan baru belajar bisnis. Tapi, kenyataannya tidak seperti itu,” terang Akbar Himawan Buchari.Akbar Himawan menjabat Waketum BPP HIPMI periode 2019-2022.

Selain sebagai pengusaha, Akbar Himawan Buchari juga menekuni profesi sebagai politisi. Ia memilih Partai Golkar sebagai partai politiknya. Saat ini Akbar juga tercatat sebagai anggota DPRD Sumatera Utara Fraksi Partai Golkar periode 2019-2024. Akbar Himawan Buchari juga menjabat Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumatera Utara.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *