KHASIAT DAN BAHAYA SAYUR BAYAM UNTUK KESEHATAN

Kesehatan1578 Views

Jakarta – Bayam menjadi salah satu sayuran yang kerap diolah menjadi jus dan sayur. Konsumsi bayam dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Namun perlu diketahui, konsumsi bayam secara berlebihan juga menimbulkan bahaya. Berikut ini penjelasan manfaat bayam dan bahayanya bagi kesehatan.

Kandungan Bayam
Berdasarkan USDA National Nutrient Database, kandungan bayam dalam setiap 100 g, seperti berikut.

Energi (23 Kcal)
Karbohidrat (3,63 g)
Protein (2,86 g)
Total lemak (0,39 g)
Serat (2,2 g)
Folat (149 mcg)
Niasin (0,724 mg)
Asam pantotenat (0,065 mg)
Piridoksin (0,199 mg)
Riboflavin (0,199 mg)
Thiamin (0,078 mg)
Vitamin A (9877 IU)
Vitamin C (28m1 mg)
Vitamin E (2,03 mg)
Vitamin K (482,9 mg)
Sodium (99 mg)
Tembaga (0,130 mg)
Besi (2,71 mg)
Magnesium (78 mg)
Mangan (0,897 mg)
Seng (0,53 mg)
Beta karoten (5626 mcg)

10 Manfaat Sayur Bayam

Kandungan gizi bayam yang lengkap membuat sayur hijau ini memiliki banyak manfaat. Mengutip dari beberapa sumber, berikut ini 10 manfaat bayam yang perlu diketahui.

1. Menjaga kesehatan mata janin
Salah satu manfaat bayam untuk ibu hamil yaitu dapat menjaga kesehatan mata janin. Kandungan vitamin A di dalamnya penting untuk perkembangan organ dan kesehatan mata janin.

2. Meningkatkan kesuburan rambut
Zat besi membantu membawa oksigen ke folikel rambut yang penting untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan kalium, kalsium, zat besi, omega 3, vitamin B, C, dan E dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut.

3. Menjaga kesehatan tulang
Kandungan sayur bayam kaya akan vitamin K. Vitamin K mendorong sintesis osteocalcin yang berperan dalam menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

4. Mengatasi hipertensi
Manfaat bayam selanjutnya yaitu dapat mengatasi hipertensi. Beberapa nutrisi pada bayam berperan dalam menurunkan hipertensi dengan menurunkan kadar kalium dalam tubuh. Vitamin C dalam bayam juga berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mengurangi risiko bayi lahir cacat
Berdasarkan penelitian, bayam juga diketahui bisa menunjang kesehatan bayi. Manfaat bayam untuk bayi salah satunya bisa mengurangi risiko bayi lahir cacat. Manfaat ini ditunjang oleh kandungan asam folat yang ada dalam sayur tersebut.

6. Mempertahankan fungsi otak
Manfaat sayur bayam juga dapat meningkatkan sistem saraf dan mempertahankan fungsi otak, terutama pada lansia. Manfaat ini diperoleh karena bayam mengandung asam folat, vitamin K, dan vitamin C.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vitamin A pada bayam dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara melindungi dan memperkuat bagian tubuh yang rentan terkena infeksi, seperti selaput lendir, saluran kemih, dan saluran pernafasan.

8. Mencegah peradangan
Manfaat dari bayam juga dapat mencegah peradangan. Sayur bayam mengandung anti inflamasi yang mampu mencegah penyakit inflamasi seperti arthritis, osteoporosis, dan asma.

9. Meningkatkan kesehatan gastrointestinal
Kandungan beta karoten dan vitamin C dalam sayur bayam mampu melindungi sel-sel di usus besar dari serangan radikal bebas. Kandungan asam folat juga bisa mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel usus besar.

10. Mencegah anemia
Manfaat sayur bayam yang terakhir yaitu dapat mencegah anemia berkat kandungan zat besinya yang tinggi. Zat besi diperlukan tubuh untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kebutuhan zat besi diperlukan oleh anak-anak, remaja, bahkan wanita yang sedang haid.

Bahaya Konsumsi Bayam Berlebih

Kandungan bayam baik untuk kesehatan, tetapi bisa menjadi bahaya apabila dikonsumsi berlebihan. Berikut ini beberapa bahaya konsumsi bayam berlebih.

1. Reaksi alergi
Bahaya konsumsi bayam berlebih dapat menimbulkan reaksi alergi. Kandungan histamin di dalamnya menyebabkan efek pseudoallergic minor.

2. Batu ginjal
Bayam mengandung purin yang apabila berlebihan dapat diubah menjadi asam urat. Tentunya ini berbahaya karena berlebihnya asam urat dapat meningkatkan terbentuknya batu ginjal.

3. Gangguan pencernaan
Kandungan serat dalam bayam cukup tinggi, namun apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung dan sembelit.

4. Mengganggu pengobatan antikoagulan
Kandungan vitamin K pada bayam berperan dalam proses pembekuan darah. Apabila minum obat sambil mengkonsumsi bayam, maka efektivitas obat terganggu.

5. Tulang keropos
Tulang keropos menjadi salah satu bahaya konsumsi bayam berlebih karena bayam memiliki senyawa asam oksalat yang dapat mengurangi penyerapan kalsium.

Itulah manfaat bayam dan bahayanya. Meskipun kandungan dan manfaat bayam sangat beragam, tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan bahaya.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *