KAPAL RUMAH SAKIT MILITER CHINA DAPAT IZIN BERI LAYANAN PENGOBATAN DI INDONESIA

Kesehatan1029 Views
Jakarta – Kapal rumah sakit milik Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), Peace Ark telah mendapatkan izin untuk memberikan pengobatan di Indonesia. 
Terkait hal tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi kepada Kepala Pusat Penerangan TNI.
Kata Budi kapal tersebut nantinya akan melayani warga Indonesia dan warga keturunan China di Indonesia.
Namun lanjut dia, terdapat satu syarat agar kapal tersebut diizinkan oleh Menkes yakni hanya boleh beroperasi untuk melayani pemeriksaan rutin sederhana.
“Jadi mereka diperbolehkan, diizinkan untuk pemeriksaan rutin sederhana. Tetapi untuk tindakan-tindakan invasif itu sebaiknya dilakukan di darat,” ujar Budi seperti dikutip detikcom, Jum’at (11/11/22).
Untuk diketahui bahwa Kapal RS Peace Ark tiba di Indonesia pada Kamis, (10/11/22).
Kedatangan kapal ini disambut oleh TNI Angkatan Laut (AL), perwakilan Kedutaan Besar (Kedubes) China di Indonesia, para pengusaha, masyarakat, dan warga keturunan China di Indonesia.
Rencananya, kapal tersebut akan singgah pada 10-18 November 2022. Tujuan kapal Peace Ark yaitu menjalankan misi kemanusiaan Peace Ark ke luar negeri yang ke-10 setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke Indonesia pada 2013.
Sebelumnya, kapal RS Peace Ark hanya memiliki izin port visit atau kunjungan pelabuhan. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, kapal tersebut harus memiliki izin Kemenkes untuk beroperasi.
“Sehingga kita tunggu apakah diizinkan apa tidak, kalau tidak ya kita harus jaga, tidak,” kata Yudo , Kamis (10/11/2022).
(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *