UNTUK STABILITAS DUNIA, CHINA SIAP BEKERJASAMA DENGAN AS

Internasional790 Views

Beijing – Presiden China Xi Jinping mengatakan negaranya bersedia bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) untuk membawa perdamaian dan stabilitas ke dunia.

Dalam pesan ucapan selamat pada jamuan makan malam tahunan Komite Nasional Hubungan AS-China, Xi menambahkan China dan AS harus saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, mencapai kerja sama yang saling menguntungkan.

“Dunia saat ini tidak damai. Sebagai kekuatan besar, China dan AS memperkuat komunikasi dan kerja sama akan membantu meningkatkan stabilitas dan kepastian dunia dan membantu mempromosikan perdamaian dan pembangunan dunia,” kata Xi seperti dikutip Anadolu Agency, Jum’at (28/10/22).

Ini adalah pernyataan pertamanya mengenai hubungan dengan AS setelah terpilih untuk masa jabatan ketiga yang bersejarah sebagai presiden pada akhir pekan ini.

Xi berharap Komite Nasional China untuk Hubungan AS-China akan terus memainkan peran aktifnya, membantu hubungan bilateral kembali ke jalur perkembangan yang sehat dan stabil.

Ketegangan antara Beijing dan Washington meningkat setelah China meluncurkan operasi militer yang belum pernah terjadi sebelumnya di sekitar Taiwan pada Agustus ketika Ketua DPR AS Nancy Pelosi melakukan perjalanan mendadak ke negara pulau yang memiliki pemerintahan sendiri.

Beijing melihatnya sebagai pelanggaran terhadap kedaulatannya dan China mengadakan kegiatan militer besar-besaran, termasuk menembakkan rudal, beberapa di atas negara kepulauan itu.

Selain operasi militer, China juga menangguhkan dialog militer tingkat tinggi dengan Pentagon dan kerja sama perubahan iklim.

Taiwan telah mempertahankan kemerdekaannya sejak tahun 1949 sementara Beijing telah melakukan kebijakan untuk menyatukan kembali pulau itu dengan daratan, termasuk dengan menggunakan kekerasan jika diperlukan.

 
 
(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *