SINGAPURA DAN CHINA SEPAKAT PERKUAT KERJASAMA MILITER

Internasional601 Views

Singapura – Singapura dan China telah menandatangani perjanjian untuk memperdalam kerja sama pendidikan militer dan pertukaran akademik antara akademi militer.

Melansir Anadolu Agency, Jum’at (10/6/22), Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen dan timpalannya dari China Jenderal Wei Fenghe menyaksikan penandatanganan perjanjian tersebut.

Sebelumnya, kedua menteri bertemu untuk melakukan Dialog Perdana Menteri Pertahanan Singapura-China.

Dialog tingkat menteri adalah inisiatif di bawah Perjanjian 2019 tentang Pertukaran Pertahanan dan Kerja Sama Keamanan (ADESC) antara Singapura dan China.

MINDEF mengatakan perjanjian yang diperbarui itu mencerminkan kemajuan yang telah dicapai kedua negara dalam hubungan pertahanan bilateral sejak ADESC pertama kali ditandatangani pada Januari 2008.

Dalam dialog tersebut, kedua menteri menegaskan kembali komitmen memperkuat kerja sama pertahanan bilateral dengan dimulainya kembali dan latihan bilateral unggulan, yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Kedua menteri juga membahas masalah keamanan global dan cara-cara praktis untuk memperkuat pertukaran dan kerja sama pertahanan ASEAN-China di bawah Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN-Plus.

Jenderal Wei berada di Singapura menjelang Dialog Shangri-La pada Minggu untuk menyampaikan pidato tentang visi China dalam stabilitas kawasan.

Dia juga akan bertemu Perdana Menteri Lee Hsien Loong dan Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional Teo Chee Hean selama kunjungannya.

Kunjungan Jenderal Wei menggarisbawahi hubungan pertahanan bilateral yang telah berlangsung lama, hangat dan bersahabat antara Singapura dan China yang telah semakin dalam dan berkembang selama bertahun-tahun.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *