SIDANG OKI KE 48 AKAN USUNG TEMA MEMBANGUN KEMITRAAN UNTUK PERSATUAN, KEADILAN DAN PEMBANGUNAN

Internasional616 Views

Jeddah – KTT Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan diadakan di ibu kota Pakistan, Islamabad, pada 22-23 Maret mendatang.

OKI dalam keterangan resminya mengatakan, KTT ke-48 yang akan diselenggarakan di tingkat menteri luar negeri ini akan mengusung tema “Membangun Kemitraan untuk Persatuan, Keadilan, dan Pembangunan.”

Disebutkan bahwa dalam sidang akan membahas banyak topik dan kegiatan Sekretariat Jenderal OKI dalam mengimplementasikan resolusi yang diadopsi pada berbagai isu di dunia Islam, termasuk isu Palestina, Al-Aqsa, Ash-Sharif dan perkembangan berbahaya sejak CFM terakhir di Niamey

“Sesi juga akan membahas beberapa file politik, terutama perkembangan di Afghanistan dan konsekuensi kemanusiaan bagi rakyat Afghanistan dan situasi di Jammu dan Kashmir,” ujar OKI melalui akun Twitternya, Selasa (15/3/22).

Sidang ini juga akan membahas beberapa masalah di Africa termasuk situasi di Republik Mali, wilayah Sahel , dan LakeChad kerapuhan wilayah itu, dan situasi di Afrika Tengah dan Republik Guinea .

“Di dunia Arab, para menteri luar negeri akan membahas perkembangan di Yaman , Libya , Republik Sudan dan Somalia, Syria , dan wilayah lainnya.

“Pertemuan tahunan juga
akan membahas masalah kerjasama dengan mitra internasional, PBB , Federasi Rusia dan Uni Eropa. Di sela-sela Sidang, OKI akan mengadakan pertemuan terbuka dengan perwakilan Muslim di Eropa.

“Isu terorisme internasional dan resolusi konflik akan menjadi agenda utama CFM, di samping urusan kelompok dan komunitas Muslim di
negara-negara non-Anggota OKI,” jelasnya.

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *