PRESIDEN PUTIN SESUMBAR, SANKSI BARAT JADIKAN RUSIA LEBIH KUAT

Internasional2369 Views

Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan, sanksi yang diterapkan oleh Barat terhadap Rusia tidak memiliki dampak secara signifikan.

Bahkan dia sesumbar bahwa sanksi Barat tersebut akan lebih membuat negaranya menjadi lebih kuat dan berdaulat.

“Di Barat, harga makanan dan energi lebih tinggi, dan Moskow akan memecahkan masalah dan muncul lebih kuat,” ujar Putin seperti dikutip Al-Jazeera, Kamis (10/3/22).

Dia juga mengatakan Rusia bukanlah negara yang dapat menerima kompromi atas kedaulatannya hanya untuk mendapatkan keuntungan ekonomi jangka pendek.

“Mereka mengumumkan bahwa mereka menutup impor minyak Rusia ke pasar Amerika. Inflasi yang pernah terjadi sebelumnya telah mencapai puncaknya dalam sejarah. Mereka berusaha menyalahkan hasil dari kesalahan mereka sendiri kepada kami,” katanya lagi.

Dia menambahkan bahwa respon atas sanksi Barat telah dibalas dengan larangan ekspor atas lebih dari 200 produk Rusia hingga akhir tahun 2022.

“Jelas bahwa pada saat-saat seperti itu permintaan orang akan barang tertentu selalu meningkat, tetapi kita tidak ragu bahwa kita akan memecahkan semua masalah ini. Secara bertahap, orang-orang akan mengarahkan diri mereka sendiri, mereka akan memahami bahwa tidak ada peristiwa yang tidak dapat kita tutup dan pecahkan,” jelasnya.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *