PRESIDEN KOREA UTARA DAN PRESIDEN PUTIN DISEBUT BAKAL BERTEMU DI RUSIA

Internasional2042 Views

Moskow – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin bulan ini untuk membahas kemungkinan penyediaan senjata kepada Moskow untuk mendukung perangnya di Ukraina, menurut sebuah laporan Amerika Serikat (AS).

Kim mungkin akan melakukan perjalanan dari ibu kota Pyongyang dengan kereta lapis baja ke Vladivostok di pantai timur Rusia, lapor The New York Times, mengutip sumber-sumber AS dan sekutu.

“Kedua pemimpin akan bertemu di kampus Universitas Federal Timur Jauh di Vladivostok untuk menghadiri Forum Ekonomi Timur, yang dijadwalkan berlangsung pada 10 hingga 13 September,” kata para sumber seperti dikutip Anadolu Agency, Selasa (5/9/23).

Kemungkinan kunjungan ini terjadi beberapa hari setelah Gedung Putih mengatakan Rusia dan Korea Utara “secara aktif memajukan” perundingan senjata rahasia.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan intelijen AS menyebut Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu mengajukan permohonan selama kunjungannya ke Korea Utara pada bulan Juli agar Pyongyang memberikan amunisi artileri kepada Kremlin ketika Rusia mencari “amunisi dalam jumlah besar dan berbagai jenis” untuk digunakan di Ukraina.

Kirby mengatakan diskusi tingkat tinggi “mungkin berlanjut dalam beberapa bulan mendatang.”

Gedung Putih mengatakan pada Desember lalu bahwa kelompok militer swasta Wagner Rusia telah menerima kiriman senjata dari Korea Utara.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *