PRESIDEN ERDOGAN BERTEKAD PERTEMUKAN PUTIN DAN ZELENSKYY

Internasional2085 Views

Ankara – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertekad mempertemukan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Mengutip Anadolu Agency, pernyataan pemimpin Turki itu disampaikan sebelum penerbangannya kembali ke Turki dari Uzbekistan usai kunjungan resminya selama dua hari untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Pada kesempatan itu Erdogan berbicara tentang perang Rusia-Ukraina, posisi Turki dan upaya mediasi untuk perdamaian yang abadi serta kerja sama energi dengan Israel.

“Saya yakin pertemuan yang diadakan oleh delegasi Rusia dan Ukraina di Istanbul membantu proses perdamaian mendapatkan momentum yang berarti. Keputusan Rusia secara signifikan untuk mengurangi operasi militer di Kyiv dan Chernihiv benar-benar merupakan langkah penting,” kata Erdogan.

Dia juga akan memberi tahu para sejawatnya tersebut bahwa tujuan akhir Turki sekarang adalah untuk menyatukan mereka.

“Kami siap menjadi tuan rumah pertemuan di tingkat presiden. Namun, sangat penting untuk memastikan gencatan senjata sementara,” kata Erdogan lagi.

Erdogan menambahkan bahwa diplomasi aktif dan pendekatan seimbang Ankara memungkinkannya menjadi tuan rumah negosiasi kedua negara itu akan berlangsung di Turki.

Lebih jauh orang nomor satu di Turki itu menekankan kemungkinan peran Turki sebagai salah satu negara penjamin keamanan bagi Ukraina.

“Ankara terbuka untuk menjadi negara penjamin, sementara rinciannya harus diklarifikasi,” imbuhnya.

Erdogan secara tegas menentang sanksi terhadap Rusia, namun juga menekankan berdiri melawan gerakan militer Rusia serta melanjutkan upaya mediasi.

“Dialog ini penting, perlu, tidak hanya dalam konteks Ukraina tetapi juga di banyak geografi lain yang terkait erat dengan kita, seperti Suriah, Libya, Kaukasus Selatan,” jelas Erdogan.

Terkait kolaborasi Turki-Israel di bidang energi, dia akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett untuk mengambil langkah segera.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *