PERTAMA KALI, KOSMONOT RUSIA TERGABUNG DALAM MISI LUAR ANGKASA NASA

Internasional921 Views

Houston – NASA dan SpaceX meluncurkan pesawat ruang angkasa berisi kru baru di antaranya wanita asli Amerika pertama dengan roket SpaceX Dragon di Kennedy Space Center, Florida, Rabu (5/10/22).

Nicole Mann, yang juga seorang pilot Korps Marinir dan anggota suku Wailacki dari Suku Indian Round Valley, mengatakan dia berharap peluncuran bersejarahnya akan mendorong generasi berikutnya.

“Para wanita muda ini, mungkin Pribumi, mungkin orang-orang dari latar belakang berbeda yang menyadari bahwa mereka memiliki peluang dan potensi ini, hambatan yang dulu ada mulai diruntuhkan,” kata Mann dalam wawancara dengan National Public Radio seperti dikutip Anadolu Agency, Kamis (6/10/22).

Mann berharap momentum ini dapat menginspirasi generasi muda.

“Jangan pernah meremehkan dirimu sendiri. JikaAnda tidak mengejar mimpi atau tujuan dan tidak mencoba, Anda tidak akan pernah berhasil. Sangat menarik untuk mengambil kesempatan ini untuk mengejar semua mimpi itu dan tidak pernah mengabaikan diri Anda sendiri,” jelasnya.

Kosmonot Rusia Anna Kikina juga hadir dalam misi kru keenam SpaceX.

Ini adalah pertama kalinya berdasarkan kesepakatan antara NASA dan badan antariksa Rusia bahwa SpaceX telah menjadi tuan rumah bagi anggota awak Rusia.

Astronot lain adalah Josh Cassada dari NASA dan Koichi Wakata dari Jepang.

Awak SpaceX akan tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional selama sekitar enam bulan.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *