PERGERAKAN GABUNGAN PASUKAN RUSIA DAN LUGANSK BERHASIL KENDALIKAN POPASNAYA

Internasional552 Views

Moskow – Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa pasukan Republik Rakyat Lugansk, dengan dukungan pasukan Rusia, telah mengendalikan pemukiman Popasnaya dan mencapai perbatasan administratif Lugansk.

“Milisi Republik Rakyat Lugank (LHC), dengan dukungan tentara Rusia, mengakhiri pembersihan pemukiman Popasnaya dari kaum ultranasionalis, menerobos garis pertahanan dari sisi yang berlawanan dan mencapai wilayah administratif perbatasan Republik Rakyat Lugansk,” demikian bunyi pernyataan tersebut seperti dikutip Sputniknews, Selasa (10/5/22).

Disebutkan bahwa tentara Ukraina kehilangan 120 orang dalam bentrokan di pemukiman Popasnaya di Lugansk, dan tercatat bahwa pasukan Rusia menembak jatuh sebuah pesawat Su-25 Ukraina di wilayah Kharkov.

Selain itu 400 target di Ukraina dapat dihancurkan termasuk amunisi dan tangki bahan bakar.

“Rudal Toçka-U milik pihak Ukraina dan sistem roket Smerch juga dihancurkan di pemukiman Hartsızsk,” tambah pernyataan itu.

Disebutkan pula bahwa 2 sistem roket Smerch ditembak jatuh oleh pasukan Rusia di pemukiman Izyum di wilayah Malaya Kamishevaha dan Kharkov.

Selanjutnya Angkatan Udara dan Luar Angkasa Rusia menembak jatuh tiga kendaraan udara tak berawak milik pihak Ukraina di Republik Rakyat Donetsk.

Keberhasilan pasukan milisi LLHC mencapai perbatasan administratif Lugansk merupakan perkembangan penting untuk kemajuan operasi Rusia di Ukraina, karena tujuan operasi pasukan Rusia di Donbass ditentukan untuk mencapai perbatasan administratif Donetsk dan Lugansk.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *