PENTAGON UNGKAP DAFTAR SENJATA YANG DIKIRIM KE UKRAINA

Internasional2139 Views
Washington РDepartemen Pertahanan Amerika Serikat  menyetujui bantuan militer senilai $16,9 miliar ke Ukraina pada 2022 ini.
Bantuan tersebut sebagian besar telah didistribusikan setelah Rusia meluncurkan operasi ke Ukraina pada 24 Februari lalu.
Melansir Sputniknews, Kamis (29/9/22) bantuan tersebut mencakup lebih dari 1.400 sistem anti-pesawat Stinger, lebih dari 8.500 senjata anti-tank Javelin dan 32.000 platform anti-armor lainnya.
Selain itu juga terdapat sekira 988 ribu peluru Howitzer, 60 juta amunisi senjata kecil, dan puluhan ribu mortir, roket dan granat.
Di antara banyak senjata berat yang telah dikirimkan Pentagon adalah lebih dari 150 senjata artileri, 20 helikopter Mi-17, 200 Pengangkut Personel Lapis Baja M113, ratusan Humvee, dan 16 Sistem Roket Artileri Gerak Tinggi (HIMARS), yang terakhir telah dipasok oleh Washington hingga saat ini.
Selain apa yang disebut peralatan tidak mematikan seperti helm, pelindung tubuh, dan peralatan pembersihan ranjau, Amerika Serikat telah memasok Ukraina dengan setidaknya 700 drone kamikaze Switchblade dan sejumlah ranjau anti-personil Claymore yang dirahasiakan.
“AS akan memberikan 1,1 miliar dolar peralatan tambahan dan bantuan senjata ke Ukraina. Paket ini mencakup 18 sistem peluncur roket multi-laras HIMARS, yang sejauh ini telah digunakan Ukraina secara efektif dalam perang,” ujar Juru Bicara Gedung Putih, Karine Jean-Pierre.
(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *