PBB KECAM MENINGKATNYA ESKALASI MILITER DI YAMAN

Internasional1022 Views

New York – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengecam keras eskalasi militer yang sedang berlangsung antara pemberontak Houthi dan koalisi pimpinan Saudi di Yaman.

“Guterres mengutuk keras eskalasi konflik baru-baru ini di Yaman, termasuk serangan di Arab Saudi dan Sanaa,” kata juru bicaranya Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Anadolu Agency, Ahad (28/3/22).

Dujarric mengatakan serangan udara di Yaman merusak kompleks perumahan staf PBB di Sanaa dan menargetkan pelabuhan Hudaydah, yang menyediakan jalur kehidupan kemanusiaan bagi penduduk Yaman.

Juru bicara PBB meminta pihak-pihak yang berperang di Yaman untuk menahan diri secara maksimal, segera mengurangi ketegangan, menghentikan permusuhan dan terlibat secara konstruktif guna mengurangi kekerasan dan untuk mengakhiri konflik di Yaman.

Sebagaimana diketahui pada hari Jumat, pemberontak Houthi meluncurkan serangan drone dan rudal ke fasilitas energi vital di Arab Saudi.

Koalisi yang dipimpin Saudi menanggapi dengan meluncurkan operasi militer terhadap lokasi Houthi di Sanaa dan Hudaydah.

Koalisi yang dipimpin Saudi telah memerangi Houthi sejak 2015, satu tahun setelah pemberontak yang bersekutu dengan Iran menguasai sebagian besar Yaman, termasuk Sanaa.

Delapan tahun telah menciptakan salah satu konflik kemanusiaan terburuk di dunia, dengan hampir 80% negara, atau sekitar 30 juta orang, membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan dan lebih dari 13 juta berada dalam bahaya kelaparan.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *