PARLEMEN EROPA SERUKAN GENCATAN SENJATA PERMANEN DI GAZA

Internasional775 Views

Brussels – Parlemen Eropa pertama kalinya menyerukan “gencatan senjata segera dan permanen” di Gaza ketika Israel terus melakukan serangan terhadap wilayah Palestina tersebut.

Mengutip Anadolu Agency, Sabtu (2/3/24), laporan tahun 2023 tentang “Hak Asasi Manusia dan Demokrasi di Dunia dan Kebijakan Uni Eropa” disetujui pada Rabu di Majelis Umum Parlemen Eropa dengan 265 suara mendukung, 253 menentang, dan 10 abstain.

Atas permintaan anggota kelompok Kiri di parlemen, artikel ke-62 dari laporan tersebut diubah untuk memasukkan seruan untuk “gencatan senjata segera dan permanen di Gaza.”

Laporan yang baru direvisi tersebut, disetujui setelah pemungutan suara untuk pengambilan resolusi, mencakup pernyataan yang mendesak Uni Eropa, negara-negara anggotanya, dan komunitas internasional untuk menyerukan gencatan senjata segera dan permanen di Jalur Gaza.

Ini pertama kalinya Parlemen Eropa menyerukan gencatan senjata di Gaza. Dalam resolusi yang diadopsi pada 18 Januari, “gencatan senjata permanen” hanya dapat diserukan dengan kondisi seperti pembebasan semua tahanan dan pembubaran kelompok Hamas di Palestina.

Selama sesi di Majelis Umum pada Selasa yang membahas laporan tersebut, banyak anggota mengkritik kelalaian UE di Gaza, dan menuduh UE membiarkan Israel tidak dihukum atas dugaan kejahatan meski terjadi serangan terus-menerus.

Beberapa anggota menyatakan kritiknya atas pengecualian Gaza dari rancangan awal, dan mereka menuduh UE gagal meminta pertanggungjawaban Israel atas dugaan pelanggaran hukum internasional.

Israel telah melancarkan serangan mematikan di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober.

Serangan-serangan Israel yang terjadi kemudian telah menewaskan 29.954 orang dan melukai lebih dari 70.000 orang dengan kehancuran massal dan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *