PALESTINA SEBUT TURKI PEMASOK TERBESAR KEBUTUHAN WARGANYA

Internasional753 Views

Yerusalem – Otoritas Palestina mengatakan bahwa Turki menjadi negara terbesar yang melakukan ekspor barang secara tahunan ke pasar Palestina.

Direktur Kebijakan dan Perencanaan di Kementerian Perekonomian Palestina, Rashad Yousef mengatakan bahwa hubungan perdagangan negaranya dengan Turki telah tumbuh secara signifikan selama lima tahun terakhir dalam ekspor dan impor.

Selama lima tahun terakhir, kata dia, Turki telah menjadi sumber produsen barang kedua di pasar Palestina setelah Israel.

“Jika kita mengecualikan Israel, Turki adalah sumber barang dan produk terbesar di pasar Palestina,” kata pejabat Palestina itu seperti dikutip Anadolu Agency, Selasa (9/4/24).

Yousef mencatat bahwa volume perdagangan Palestina-Turki pada 2022 melebihi USD900 juta, meningkat 12 persen dibandingkan tingkat tahun 2021.

“Turki tidak hanya memimpin pangsa ekspor ke Palestina, namun Ankara juga berkontribusi dalam meningkatkan pangsa produk Palestina di pasar Turki,” urai Yousef.

Dia menyebut ekspor utama Turki ke Palestina adalah besi, kayu, minyak nabati, tembakau, produk makanan, dan barang-barang dari industri plastik.

Penyeberangan perbatasan lewat Israel

Terkait masalah barang yang harus melewati perbatasan Israel, pejabat Palestina itu mengatakan Palestina tidak memiliki kendali atas hal tersebut, dan dia menggarisbawahi bahwa semua barang impor ke Palestina harus melewati Israel.

“Israel memiliki kendali penuh atas penyeberangan perbatasan ketika barang impor Palestina tiba di pelabuhan Haifa atau Ashdod (di Israel), dan barang tersebut kemudian diangkut ke wilayah Palestina melalui truk,” kata Yousef.

Dia menuturkan Turki adalah negara multi-industri yang dibutuhkan Palestina, namun ‘pembatasan Israel dan perjanjian ekonomi membatasi kemitraan dalam pertukaran perdagangan antara Palestina dan Turki.”

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *