NATO INISIASI PERISAI LANGIT EROPA

Internasional1063 Views

Brussel – Finlandia, yang telah mengajukan keanggotaan dengan 14 negara anggota NATO, menyepakati pembentukan ‘European Sky Shield Initiative’ untuk memperkuat pertahanan udara Eropa.

Melansir Sputniknews, Jum’at (14/10/22), pada Pertemuan Menteri Pertahanan NATO yang diadakan di markas besar NATO di Brussel, para menteri pertahanan dari 15 negara menandatangani letter of intent untuk pembentukan ‘Inisiatif Perisai Langit Eropa’.

Sekutu NATO yang berpartisipasi dalam inisiatif tersebut adalah Jerman, Inggris, Belgia, Bulgaria, Ceko, Estonia, Hongaria, Latvia, Lithuania, Belanda, Norwegia, Slovakia, Slovenia, dan Rumania.

Inisiatif tersebut, yang dipimpin oleh Jerman, bertujuan untuk membangun sistem pertahanan udara dan rudal Eropa dengan bersama-sama membeli peralatan pertahanan udara dan rudal.

Dalam sebuah pernyataan dari NATO, diumumkan bahwa inisiatif ini akan memperkuat pertahanan udara dan rudal terpadu NATO.

“Komitmen ini bahkan lebih penting hari ini karena kita menyaksikan serangan brutal dan membabi buta Rusia di Ukraina yang telah menewaskan warga sipil dan menghancurkan infrastruktur penting ,” kata Wakil Sekretaris Jenderal NATO Mircea Geoana dalam sebuah pernyataan.

Dalam pernyataan NATO, dinyatakan bahwa negara-negara yang berpartisipasi dalam inisiatif tersebut dapat mengembangkan sistem pertahanan udara bersama dengan solusi yang kompatibel, siap pakai, dan hemat biaya.

 

(Red/Sumber)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *