MAHASISWA DI PARIS DESAK KAMPUS PUTUSKAN KERJA SAMA DENGAN ISRAEL

Internasional747 Views

Paris – Mahasiswa universitas di Saint-Denis yang terletak di sebelah utara Paris menggelar kegiatan untuk menuntut universitas-universitas Prancis mengakhiri semua kerja sama dengan universitas dan institusi Israel.

Berkumpul di ruang kuliah di Universitas Paris 8 untuk membahas tindakan lebih lanjut, mereka meneriakkan slogan-slogan pro-Palestina termasuk “Hidup Palestina.”

Mengutip Anadolu Agency, Jum’at (10/5/24), mereka menggantungkan bendera dan tanda Palestina di dinding aula, beberapa di antaranya mengatakan “Bebaskan Palestina” dan “Hentikan genosida” sambil menuntut diakhirinya kerja sama antara universitas Prancis-Israel.

Membahas kemungkinan penetapan hari aksi bersama di seluruh universitas Prancis, para mahasiswa sepakat untuk menyebarkan undangan aksi demonstrasi dari universitas ke lokasi lain.

Lisa, seorang pengunjuk rasa, mengatakan bahwa intervensi polisi Prancis terhadap kampus universitas merupakan “tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya.”

Aicha, anggota komite Palestina di Universitas Paris-Sorbonne, menyinggung kerja sama antara universitas Prancis dan Israel.

Dia menuntut agar universitas-universitas Perancis tersebut mengakhiri dukungan mereka terhadap “genosida” di Gaza dalam kemitraan mereka dengan Israel.

Gelombang global demonstrasi mahasiswa pro-Palestina dimulai pada 17 April di Universitas Columbia New York di Amerika Serikat (AS) untuk memprotes serangan Israel di Gaza dan menyebar ke negara-negara Barat lainnya termasuk Inggris dan Prancis.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *