DENMARK KIRIM RUDAL HARRPOON UNTUK UKRAINA MELAWAN RUSIA

Internasional531 Views

Washington – Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, dalam sebuah pernyataan kepada wartawan pada 23 Mei lalu, mengumumkan bahwa rudal Harpoon berbasis pantai dalam inventaris Denmark akan dikirim ke Ukraina.

“Saya sangat berterima kasih kepada Denmark, yang mengumumkan hari ini bahwa mereka akan menyediakan peluncur Harpoon dan rudal untuk membantu Ukraina mempertahankan pantainya,” kata Lloyd Austin pada pertemuan di Pentagon setelah pertemuannya dengan pejabat pertahanan Ukraina .

Mengutip turkidefence.net, Selasa (24/5/22), model rudal Harpoon yang akan dikirim ke Ukraina tidak diungkapkan.

Namun disebutkan bahwa RGM-84L-4 Harpoon Block II dalam inventaris tentara Denmark mampu menyerang target di darat serta mengenai kapal di laut.

Kemampuan tersebut akan memungkinkan Ukraina untuk menyerang target penting di darat jika diperlukan.

Seperti diketahui, Ukraina baru-baru ini melakukan serangan terhadap berbagai platform angkatan laut Rusia.

Rudal anti-kapal Harpoon yang dikembangkan oleh Boeing Defense, Space & Security; Hal ini dapat digunakan terhadap berbagai target berbasis darat seperti daerah pertahanan pantai, daerah rudal permukaan-ke-udara, pesawat terbuka, fasilitas pelabuhan/industri, dan target yang berbeda termasuk kapal di pelabuhan.

Harpoon dapat diluncurkan dari platform udara (AGM-84), kapal (RGM-84), kapal selam (UGM-84) atau peluncur bergerak.

Rudal ini juga tersedia di AGM-84E SLAM dan kemudian mengembangkan konfigurasi rudal jelajah peluncuran udara AGM-84H/K SLAM-ER.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *