KPK AKAN TRANSPARAN UNGKAP KASUS FORMULA E, NOVEL BASWEDAN : INI IDE BAGUS

Hukrim977 Views

Jakarta – Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengapresiasi inovasi KPK yang akan buka-bukaan dalam kasus dugaan korupsi Formula E.

“Ini ide bagus. Buka rekaman rapat ekspose perkara Formula E,” cuit Novel dalam akun Twitternya, Selasa (4/10/22).

Menurut Novel, transparansi tersebut diperlukan agar masyarakat tahu bagaimana cara pimpinan KPK memaksakan perkara tersebut.

“Agar masyarakat tahu bagaimana cara Pimp KPK (Firli n Alex) memaksakan perkara tersebut,” ujarnya lagi.

Dia menduga perkara dugaan korupsi Formula E penuh dengan kepentingan sehingga terkesan dipaksakan.

“Kalo merasa tidak ada paksaan, mestinya tidak perlu khawatir,” imbuhnya.

Novel berharap semangat transparansi dan kegigihan KPK dalam menuntaskan kasus korupsi tidak tebang pilih.

“Agar lebih hebat lagi, kasus Bansos, kasus Harun Masiku, Kasus Benur dan beberapa kasus Pajak dibuka saja semua,” jelasnya.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan bahwa pihaknya akan buka-bukaan dalam penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E.

“Kita mempertimbangkan juga bagaimana kalau proses Lidik itu kita buka saja, kan itu supaya masyarakat, teman-teman wartawan juga mengetahui apa sih, hasil lidik itu yang diperoleh oleh KPK. Dari keterangan para saksi yang sudah dipanggil apa yang mereka terangkan, begitu, supaya apa, supaya masyarakat tidak lagi curiga seolah-olah kami ini mengkriminalisasi seseorang,” ujar Alex.

Menurut dia, hal itu dilakukan agar KPK tidak dicurigai seolah-olah mengkriminalisasi Anies yang sudah dideklarasikan sebagai capres 2024.

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa KPK tidak pernah menargetkan orang bahkan saya sampaikan beberapa kali bahwa KPK belum pernah menyebutkan seseorang sebagai tersangka, kami tidak terpengaruh dengan deklarasi yang bersangkutan sebagai capres oleh salah satu parpol itu yang perlu saya tekankan,” jelasnya.

 

(Red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *