PAKAIAN BEKAS IMPOR MASIH RAMAI

Jakarta – Hingga saat ini, pasar pakaian bekas yang berasal dari impor di Pasar Senen masih ramai.

Pasokan pun terus mengalir, tidak seperti dijanjikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan beberapa waktu lalu.

Pedagang pakaian bekas impor di Pasar Senen, Jakarta Pusat mengakui jika stok dagangan masih banyak. Tidak hanya itu, mereka juga masih bisa mengorder pasokan.

Padahal pada Mei lalu, stok pakaian bekas impor disebutkan hanya akan bertahan untuk satu bulan.

Mengutip Bisnis Rabu (19/7/23) pada sore hari, lantai 2 Pasar Senen dipadati pengunjung yang tengah memilih pakaian dan barang bekas impor yang dijajakan.

Lokasi lantai 2 di Pasar Senen Blok 3 merupakan lantai yang dikhususkan untuk menjual pakaian dan barang bekas impor.

Saat ditemui, seorang pedagang pakaian bekas di lantai 2 Blok 3 Pasar Senen, Johan mengaku stok pakaian bekas impor hingga kini masih ada.

Menurut pengakuannya, setiap hari libur, pedagang pakaian bekas impor di Pasar Senen akan mengeluarkan stok dagangannya yang baru.

“Kalau libur itu bagus-bagus, biar cepat habis kan stok nanti diganti lagi sama yang baru,” tutur Johan.

Lebih lanjut Johan menjelaskan bahwa informasi-informasi mengenai stok yang akan habis dalam beberapa bulan adalah informasi yang keliru.

Hal ini dikarenakan menurutnya pedagang hingga kini masih bisa menjalankan usaha menjajakan barang ataupun pakaian bekas impor.

“Masih ada stok, tenang aja, mungkin salah infonya,” tambah Johan.

Sebelumnya Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menjanjikan akan segera menindak perdagangan barang bekas impor karena mengancam keberlangsungan industri alas kaki dan industri tekstil dan produk tekstil (TPT).

Ketatnya pengawasan memang sempat terjadi pada Maret lalu, sehingga para pedagang di Pasar Senen Blok III mengeluhkan pasokan dari luar negeri.

Salah satu pedagang pakaian bekas Doni menyebutkan hal ini sudah terjadi dalam beberapa waktu terakhir, tepatnya sejak tersiarnya Presiden Joko Widodo memerintahkan bawahannya untuk memberantas importasi ilegal ini.

“Ya emang nggak ada. Saya di sini aja tahu-tahunya itu sudah nggak ada aja itu barang. Ya sejak terjadi berita ini lah, pokoknya sejak statement presiden,” kata Doni saat ditanya mengenai stok dagangan di Pasar Senen, Jakarta pada Jum’at (24/3/23) lalu.

Pada Maret lalu, Zulkifli Hasan memastikan tidak ada lagi baju bekas impor yang bisa leluasa masuk. Kala itu, Mendag memberikan tenggat waktu bari para pedagang menguras stok.

“Sudah enggak bakal ada masuk lagi, akan ditindak semua,” kata Zulkifli disela-sela acara konferensi pers pemusnahan karung berisi pakaian bekas (ballpress) di Tempat Penimbunan Pabean (TPP), Bekasi, Selasa (28/3/23) lalu.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *