OTORITAS HONGKONG TARIK MIE SEDAAP DARI PEREDARAN, INI ALASANNYA

Hongkong – Menyusul ditemukannya kandungan pestisida dan etilen oksida, Center for Foods Safety (CFS) Hong Kong menarik Mie Sedaap varian Korean Spicy Chicken dari peredaran.

“CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk diuji di bawah Program Pengawasan Makanan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mi, kemasan bumbu, dan kemasan bubuk cabai produk mengandung pestisida dan etilen oksida,” tulis pernyataan resmi CFS, seperti dikutip CNNIndonesia, Rabu (28/9/22).

CFS selaku Departemen Makanan dan Kebersihan Lingkungan Hong Kong (sejenis BPOM) telah memberikan instruksi kepada pihak yang bersangkutan untuk menghentikan penjualan dan menarik produk yang terkontaminasi tersebut dari pasar.

Atas temuan tersebut, masyarakat diminta tidak mengonsumsi produk Mie Sedaap yang terkontaminasi sekalipun mereka telah membelinya.

CFS juga bakal dengan tegas mengawasi perdagangan di pasar agar segera menghentikan penjualan produk tersebut.

“Menurut Residu Pestisida dalam Peraturan Pangan (Cap 132CM), makanan untuk konsumsi manusia yang mengandung residu pestisida hanya boleh dijual jika konsumsi makanan tersebut tidak berbahaya atau merugikan kesehatan,” terang CFS.

CFS mengungkapkan pengecer yang bersangkutan telah mulai menarik kembali produk yang terkontaminasi.

Sementara itu, Wings Group selaku perusahaan induk dari Mie Sedaap masih diskusi internal soal penarikan merek mi instan mereka di Hong Kong.

“Untuk kabar tersebut (penarikan produk Mie Sedaap di Hong Kong) sedang dalam tahap diskusi internal,” ucap Media Relations Executive Wings Group Indonesia Andini Mardiani dalam panggilan WhatsApp.

“Untuk detail lebih lanjut belum bisa kami informasikan dan akan segera disampaikan,” lanjut Andini.

Namun, belum ada jawaban tegas dari pihak Mie Sedaap atau Wings Group terkait penarikan produk mereka dari Hong Kong.

Andini juga belum bisa memberikan tanggapan detail apakah produk Mie Sedaap Korean Spicy Chicken sudah ditarik sepenuhnya dari Hong Kong atau belum.

(Red/Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *